R.D Corners, mengidentifikasikan tugas mengajar guru yang bersifat suksesif menjadi tiga tahap yaitu tahap sebelum pengajaran (pre-active), tahap pengajaran ( inter-active) dan tahap sesudah pengajaran (post-active)
1. Tahap Sebelum PengajaranTahap ini guru menyusun program tahunan pelaksanaan kurikulum, program semester atau catur wulan program satuan pelajaran dan perencanaan program pengajaran. Dalam merencanakan program-program tersebut perlu dipertimbangkan aspek – aspek :
a. Bekal Bawaan Anak didik / entering behaviour
b. Perumusan Tujuan Pembelajaran
c. Pemilihan Metode
d. Pemilihan Pengalaman – pengalaman Belajar
e. Pemilihan bahan dan Peralatan Belajar
f. Mempertimbangkan Jumlah dan Karakteristik Anak didik
g. Mempertimbangkan Jumlah Jam Pelajaran yang Tersedia
h. Mempertimbangkan Pola Pengelompokan
i. Mempertimbangkan Prinsip – Prinsip Belajar
2. Tahap Pengajaran
Dalam tahap ini berlangsung interaksi antara guru dengan anakdidik, anak didik dengan anak didik, anak didik dengan kelompok atau anak didik secara individual. Tahap ini merupakan tahap pelaksanaan yang telah direncanakan. Ada beberap aspek yang perlu dipertimbangkan adalah :
a. Pengelolaan dan Pengendalian Kelas
b. Penyampaian Informasi
c. Penggunaan Tingkah laku Verbal dan Non verbal
d. Merangsang Tanggapan Balik dari Anak Didik
e. Mempertimbangkan Prinsip – Prinsip Belajar
f. Mendiagnosis Kesulitan Belajar
g. Mempertimbangkan Perbedaan Individual
h. Mengevaluasi Kegiatan Interaksi
3. Tahap Sesudah Pengajaran
Tahap ini merupakan kegiatan atau perbuatan setelah pertemuan tatap muka dengan anak didik. Kegitan yang dilakukan guru ditahap ini antara lain adalah :
a. Menilai Pekerjaan Anak Didik
b. Menilai Pengajaran Guru
c. Membuat Perencanaan untuk Pertemuan Berikutnya
Artikel Terkait: