BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN

| | Sabtu, 05 Juni 2010
|

RINGKASAN MATERI

Dari ilustrasi di atas, kunyit mengandung zat yang dapat ditambahkan pada makanan supaya berwarna kuning. Zat yang sengaja ditambahkan atau dicampurkan sewaktu pengolahan makanan untuk meningkatkan mutu makanan disebut zat aditif.
Berdasarkan fungsinya zat aditif makanan digolongkan sebagai berikut :


1. Pewarna
2. Pemanis
3. Pengawet
4. Penyedap
Bila dilihat dari asalnya zat aditif dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
1. Zat aditif alami
2. Zat aditif buatan.
Pada umumnya zat aditif buatan mempunyai kelebihan yaitu lebih pekat, lebih stabil, lebih murah, dan praktis. Sedangkan kelemahannya sering terjadi ke tidak/sempurnaan proses pembuatan sehingga mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Kadang-kadang bersifat karsinogenik yang dapat merangsang terjadinya kanker pada hewan dan manusia.
A. Bahan Pewarna
Bahan pewarna adalah bahan tambahan makanan yang dapat memperbaiki dan memberi warna pada makanan. Tujuan pemberian bahan pewarna ini adalah untuk membuat makanan lebih menarik selera.
Jika dilihat dari asalnya terdapat dua jenis bahan warna, yaitu pewarna alami dan pewarna buatan (sintetik).
1. Pewarna Alami
Pewarna alami ini merupakan bahan pewarna yang umumnya diambil dari tumbuh-tumbuhan. Zat pewarna alami ini aman dikonsumsi. Kelemahan bahan pewarna alami ini adalah keanekaragaman warna terbatas dan warnanya kurang stabil.
Contoh pewarna alami :
a. Kunyit, mengandung zat warna kurkumin untuk mewarnai tahu atau nasi kuning dalam selamatan. Selain menjadi kuning kunyit dapat membuat makanan menjadi awet.
b. Daun suji, mengandung zat warna klorofi untuk mewarnai kue pikang, kue pisang dan dadar gulung berwarna hijau manawan.
c. Cabe merah, mengandung zat warna kapxantin membuat warna merah pada rendang daging.
d. Karamelisasi : pemanasan gula tebu menjadi warna coklat pada karamel kembang gula.
2. Pewarna Buatan
Bahan pewarna buatan ini dibuat dari bahan yang serupa dengan pewarna alami. Zat pewarna buatan ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan zat pewarna alami. Kelebihannya antara lain :
a. Keanekaragaman warna
b. Keseragaman warna.
c. Kestabilan warna.
d. Tahan lama.
e. Praktis.
Selain itu warna buatan dapat memberikan warna sesuai yang diinginkan. Contoh :
a. Eritrosin menghasilkan warna merah digunakan untuk eskrim, jeli.
b. Indigokarmin menghasilkan warna biru.
c. Tartrasin menghasilkan warna kuning digunakan untuk eskrim, yoghurt, dan jeli.
Kadang-kadang terjadi kasus penyalahgunakan pemakaian zat pewar untuk sembarang bahan pangan, misalnya : zat pewarna tekstil dipakai untuk mewarnai bahan makanan. Hal ini jelas berbahaya bagi kesehatan. Timbulnya penyalahgunaan zat pewarna ini mungkin disebabkan oleh karena ketidak tahuan masyarakat mengenai penggunaan zat pewarna untuk makanan atau tidak adanya penjelasan dalam tabel yang melarang penggunaan bahan tersebut untuk makanan.

B. Pemanis

Bahan pemanis ini ada dua macam yaitu pemanis alami dan pemanis buatan. Contoh bahan pemanis alami adalah gula pasir, gula kelapa (gula jawa), kayu manis.
Pemanis Buatan
Pemanis buatan merupakan senyawa hasil sintetis, yang dibuat dengan teknologi. Pemanis buatan merupakan bahan-bahan tambahan makanan yang dapat menyebabkan rasa manis pada makanan, yang tidak atau hampir tidak mempunyai nilai gizi.
1. Berasa manis jika dilarutkan dalam air.
2. Mudah larut di air.
3. Stabil pada kisaran suhu tertentu.
4. Murah harganya (tidak lebih mahal dari gula).
5. Rendah kalori.
Beberapa pemanis buatan yang beredar di pasaran di antaranya adalah :
1. Sakarin
2. Siklamat
3. Aspartam,
4. Asesulfam K,
5. Dulsin.
1. Sakarin
Sakarin merupakan pemanis buatan yang paling tua. Kemanisan dari sakarin lebih kurang 300 kali lebih mani dibandingkan gula pasir. Sakarin berada dalam bentuk garam Na atau Ca.
Beberapa makanan dan minuman yang sering memakai sakarin, misalnya es krim, es puter, jam selai, permen, dan minuman fermentasi. Diperkirakan garam sakarin bersifat karsinogen, yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker.
2. Siklamat
Siklamat merupakan pemanis buatan seperti halnya sakarin. Siklamat terdapat dalam bentuk Na dan Ca siklamat yang mempunyai kemanisan lebih kurang 30 kali lebih manis dari pada gula pasir. Batas maksimum penggunaan siklamat adalah 500 mg- 3000 mg per kg bahan. Siklamat juga diperkirakan mampunyai efek karsinogen. Sehingga negara-negara maju seperti Amerika Canada, dan Inggris melarang warnanya memakai siklamat sebagai pengganti gula pasir. Makanan dan minuman yang sering dijumpai mengandung siklamat antara lain : es krim, es puter, selai, jam, saus, es lilin, dan berbagai minuman fermentasi.

3. Sorbitol
Sorbitol merupakan pemanis yang biasa digunakan untuk pemanis kismis, jam, selai dan roti, serta makanan lain.

C. Pengawet

Bahan pengawet ini merupakan senyawa atau zat yang dapat mencegah atau menghambat segala macam perubahan pada bahan makanan yang disebabkan aktivitas mikroorganisme.
Bahan pengawet menurut asalnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu bahan pengawet alami dan pengawet buatan.
1. Pengawet Alami
Selain garam pengawet alami antara lain kayu manis, kayu manis mengandung asam benzoat.
2. Pengawet Buatan
Pengawet buatan ini ada berbagai macam. Pengawet yang mempunyai sifat antimikroba antara lain :
a. Benzoat
Bahan ini biasanya digunakan untuk mengawetkan berbagai produk minuman ringan seperti; nata de coco, minuman bersoda, kecap, sari buah. Saus, jam, selai, agar-agar, dan sebagainya.
b. Propianat
Propianat selain menghambat kapan juga dapat menghambat pertumbuhan bacillus mesentericus yang menyebabkan kerusakan. Bahan ini sering dipakai dalam pengawetan produk roti dan keju.


c. Sulfit
Sulfit terdapat dalam bentuk garam kalium atau natrium bisulfit, bahan ini biasa dipakai untuk mengawetkan potongan kentang, udang beku, dan sari nanas.
d. Garam nitrit
Merupakan bahan pengawet untuk daging dan juga olahan daging seperti sosis, kornet, keju dan olahan daging yang lain. perkembangan mikroba dapat dihambat, sehingga pertumbuhan clostridia di dalam daging terhambat.
e.Sorbat
f.Asam Asetat

D.Penyedap.

Bahan penyedap rasa merupakan bahan tambahan makanan yang berguna untuk melezatkan bahan makanan. Bahan ini dapat menimbulkan rasa enak dan mempertegas rasa.
Bahan penyedap ini juga yang alami dan buatan penyedap dari bahan alami antara lain.
a. Terasi, merupakan zat cita rasa alami
b. Daun salam, untuk memberikan rasa gurih pada makanan.
c. Daun pandan, untuk mengharumkan makanan
Penyedap buatan yang banyak dipakai dalam makanan, adalah MSG (Monosodium Glutamat) atau Vestin. MSG ini tidak berbau, rasanya merupakan campuran rasa manis dan asin yang enak terasa di mulut.


#
Waspadai Bahan Kimia Lain dalam Makanan
Waspadai Bahan Kimia Lain dalam Makanan ... Jakarta, Kompas Badan Pengawas Obat dan Makanan tengah gencar menindak penyalahgunaan boraks dan formalin ...
www.scribd.com/.../Waspadai-Bahan-Kimia-Lain-dalam-Makanan - Tembolok - Mirip
#
Bahan Kimia Dalam Makanan
Penggunaan pengawet dalam makanan harus tepat, baik jenis maupun dosisnya. Suatu bahan pengawet mungkin efektif untuk mengawetkan makanan tertentu, ...
www.scribd.com › ... › Study Guides, Notes, & Quizzes - Tembolok - Mirip
Tampilkan hasil lainnya dari www.scribd.com
#
Zat Aditif Makanan | Chem-Is-Try.Org | Situs Kimia Indonesia |
20 Okt 2007 ... Zat aditif makanan telah dimanfaatkan dalam berbagai proses pengolahan makanan .... Bahan Kimia Berbahaya Pada Makanan « Dewiwijayanti says: ...
www.chem-is-try.org/artikel_kimia/zat_aditif_makanan/ - Tembolok - Mirip
#
Kenali Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan « Klinik Online ...
6 Sep 2008 ... Lymphadenitis; Dikala Benjolan di Leher, Ketiak, dan Pangkal Paha Terasa Sakit · Kenali Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan ...
healindonesia.wordpress.com/.../kenali-zat-kimia-berbahaya-dalam-makanan-2/ - Tembolok - Mirip
# [PDF]
PENGAWETAN DAN BAHAN KIMIA
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
asap dimasukkan ke dalam makanan yang diawetkan. Apabila jumlah pemakainannya tepat, pengawetan dengan bahan-bahan kimia dalam makanan ...
kambing.ui.ac.id/bebas/v12/artikel/pangan/PIWP/pengawetan.pdf
#
Bahan Pengawet dan Kimia
Proses pengasapan juga termasuk cara kimia sebab bahan-bahan kimia dalam asap dimasukkan ke dalam makanan yang diawetkan. Apabila jumlah pemakainannya tepat ...
sriindri.tripod.com/nanas/id2.html - Tembolok - Mirip
#
Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan - medicastore.com
Informasi Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan, jamur (cendawan), lalapan, makanan laut, bahan pencemar, sindroma rumah makan cina, & pengobatannya.
medicastore.com › ... › Penyakit Sistem Pencernaan - Tembolok - Mirip
#
WASPADAI BAHAN KIMIA LAIN DALAM MAKANAN | INDOSKRIPSI
WASPADAI BAHAN KIMIA LAIN DALAM MAKANAN Sumber : (http://www2.kompas.com/kesehatan/news/0601/15/113636.htm ) Jakarta, Kompas Badan Pengawas Obat dan Makanan ...
one.indoskripsi.com/.../waspadai-bahan-kimia-lain-dalam-makanan - Tembolok
#
Zat Tambahan Pada Makanan
Zat tambahan golongan lainnya yang secara tidak sengaja bercampur dengan makanan ialah bahan-bahan kimia yang digunakan dalam bidang pertanian dan ...
opensource.telkomspeedy.com/.../Kimia/0204%20Kim%202-6g.htm - Tembolok
# [PDF]
BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN - bab 13 kimia dalam makan.pmd
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Versi HTML
kimia buatan yang terdapat dalam makanan dan minuman. BAHAN KIMIA DALAM ... Bahan Kimia dalam Makanan. Bahan pewarna alami yang banyak digunakan antara lain ...
118.98.212.211/.../view.php?...bahan+kimia+dalam+makanan... - Mirip
#
Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan ...
Tentang bahan tambahan dalam makanan kemasan, mesti dipilah2 dulu neh, .... bahan kimia yang ditambahkan pada makanan antara lain pengawet, pewarna, ...
www.forumsains.com › Forum › Ilmu Alam › Kimia - Tembolok - Mirip
#
Zat-zat Kimia Beracun Yang Sering Dimakan Manusia | smallCrab Online
Dari beberapa contoh bahan kimia beracun yang sehari-hari dipergunakan sebagai zat tambahan dalam makanan dan dipakai secara meluas di kalangan masyarakat, ...
www.smallcrab.com/makanan.../437-zat-zat-kimia-beracun-yang-sering-dimakan-manusia - Tembolok - Mirip
#
kimi@net
8 Des 2004 ... "Terutama adanya fenomena penggunaan bahan-bahan kimia yang dilarang dalam makanan. Perlu dilakukan pembinaan yang lebih intensif kepada ...
www.kimianet.lipi.go.id/utama.cgi?artikel&1102823295... - Tembolok - Mirip
#
cyberblog: Bahan Kimia Dalam Makanan
2 Mei 2010 ... Bahan Kimia Dalam Makanan. — memayu hayuning buana @ 01:54. Bahan Kimia Dalam Makanan. Reaksi: No Response to "Bahan Kimia Dalam Makanan" ...
petuahingsun.blogspot.com/.../bahan-kimia-dalam-makanan.html - Tembolok
#
Generasi Penerus Bangsa dalam Bahaya - Waspadai Bahan Kimia Lain ...
Pasalnya, hasil kajian terhadap penelitian yang dilakukan di Indonesia, ada beberapa kasus penyalahgunaan bahan kimia yang dicampurkan dalam bahan makanan. ...
dinowili.multiply.com/journal/item/14 - Tembolok - Mirip
#
PENYULUHAN ZAT KIMIA ADITIF DALAM MAKANAN DI GATAK DELANGGU KLATEN ...
oleh M Musthofa - 2006
16 Apr 2010 ... Musthofa, Malik and Erawati, Emi and Budiyati , Eni (2006) PENYULUHAN ZAT KIMIA ADITIF DALAM MAKANAN DI GATAK DELANGGU KLATEN. ...
eprints.ums.ac.id/393/ - Tembolok
#
Republika - Mewaspadai Pemakaian Bahan Kimia dalam Makanan
Sebenarnya, bahan kimia dapat menjadi bagian dari makanan karena memang disengaja ditambahkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk memberikan pengaruh yang ...
www.arsip.net/id/link.php?lh=UFdeVlwEAVZR - Tembolok - Mirip
#
zat kimia dalam makanan ringan pdf files - PDFound.com
anak-anak yang menganggapnya sebagai makanan ringan. Bahkan bukan ... aktif ( bahan kimia) dalam sediaan racun ini terdapat dalam berbagai jenis, . ...
www.pdfound.com/pdf/zat-kimia-dalam-makanan-ringan.html - Tembolok
#
Bahan Kimia Dalam Makanan - Web Search Engine by 7Live7.com
Dokumen ini tidak lebih dari sekedar referensi kimia dan biokimia.., Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi : http://achmad.web.id kimia Bahaya bahan ...
web.emeraldone.com/Search.aspx?...Bahan+Kimia+Dalam+Makanan - Tembolok
#
Definisi dan Gejala Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan • Sinshe ...
8 Sep 2009 ... Definisi dan Gejala Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan.
www.ahliwasir.com/.../Keracunan-Bahan-Kimia-Dalam-Makanan - Tembolok - Mirip
] 1.
Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan
9 Feb 2010 ... Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan DEFINISI Keracunan bahan kimia dalam makanan merupakan akibat dari memakan tanaman atau hewan yang ...
community.um.ac.id/showthread.php?...Bahan-Kimia-Dalam-Makanan - Tembolok
2.
Waspadai Bahan Kimia Lain Dalam Makanan
Informasi Terbaru Tentang Waspadai Bahan Kimia Lain Dalam Makanan di LowonganKerjaBank.Info.
lowongankerjabank.info/.../waspadai-bahan-kimia-lain-dalam-makanan.shtml - Tembolok
3.
Hindari Bahan Kimia Pada Makanan - IndoForum
9 pesan - 4 penulis - Pos terakhir: 8 Mar 2007
Jika memang karena makanan, itu terjadi karena pengaruh radikal bebas dari bahan kimia yang terdapat dalam makanan dan minuman yang kita ...
www.indoforum.org › Community › Health Center - Tembolok - Mirip
Dapatkan hasil diskusi lainnya
4.
BAHAYA BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN « Dani Puji Utomo's Blog
19 Mei 2010 ... Baik zat pewarna sintetis maupun alami yang digunakan dalam industri makanan harus memenuhi standar nasional dan internasional. ...
danipujiutomo.wordpress.com/.../bahaya-bahan-kimia-dalam-makanan/ - Tembolok
5.
Bahaya Zat Kimia Bagi Kesehatan | resep.web.id
Sejauh anda menyimpan makanan dalam wadah plastik aman yang kondisinya masih baik, maka bisa terhindar dari zat kimia yang beracun dan dapat membocorkan zat ...
www.resep.web.id/tips/bahaya-zat-kimia-bagi-kesehatan.htm - Tembolok - Mirip
6.
Bahan kimia dalam makanan free powerpoint download and Bahan kimia ...
Download Powerpoint bahan kimia dalam makanan to Facebook - Download Powerpoint bahan kimia dalam makanan to Twitter · Download Powerpoint bahan kimia dalam ...
www.findtoyou.com/.../bahan+kimia+dalam+makanan.html - Tembolok
7.
ARTIKEL Pendidikan, Kesehatan & Humor » Blog Archive » Bahan Kimia ...
Pasalnya, kajian terhadap penelitian yang dilakukan di Indonesia, ada beberapa kasus penyalahgunaan bahan kimia yang dicampurkan dalam bahan makanan. ...
chrisna.blogdetik.com/.../bahan-kimia-beracun-lain-dalam-makanan/ - Tembolok
8.
Go.....Blog: BAHAN KIMIA YANG ADA DI DALAM MAKANAN
BAHAN KIMIA YANG ADA DI DALAM MAKANAN. Seiring dengan perkembangan teknologi pangan,maka pengolahan bahan makanan atau minuman pun makin banyak ...
thearp3gas.blogspot.com/.../bahan-kimia-yang-ada-di-dalam-makanan.html - Tembolok - Mirip
9. [PDF]
Bahaya Bahan Kimia pada Kesehatan Manusia dan Ungkungan
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Versi HTML
1. Sumber Bahan Kimia di Lingkungan 7. 1.2 Kontaminan alami makanan. Komponen (toksikan) alami yamg ditemukan dalam makanan berasal dari tumbuhan dan hewan. ...
whqlibdoc.who.int/hq/.../WHO_PCS_00.1_ind.pdf - 21 jam yang lalu - Mirip
10.
berita8.com - Fauzi Bowo : Waspadai Makanan Yang Mengadung Zat ...
29 Sep 2008 ... Fauzi Bowo : Waspadai Makanan Yang Mengadung Zat Kimia Berbahaya ... Hal ini dimaksudkan, dalam implementasi pemberlakukan standarisasi ...
www.berita8.com/news.php?cat=4&id=4756 - Tembolok - Mirip

Penelusuran yang terkait dengan bahan kimia dalam makanan

jenis waspadai bahan kimia lain dalam makanan

bahan kimia pada makanan

zat kimia dalam makanan

bahaya bahan kimia

zat kimia pada makanan

bahan kimia beracun

pengawetan bahan makanan

pemutih makanan
#
Waspadai Bahan Kimia Lain dalam Makanan
Bahan Pengawet Dalam Produk Pangan 675 reads. Bahan Kimia Dalam Makanan 10943 reads. Bahan Kimia Dalam Makanan 5482 reads. Makalah Minor Menasita 350 reads ...
www.scribd.com/.../Waspadai-Bahan-Kimia-Lain-dalam-Makanan - Tembolok - Mirip
#
Bahan Kimia Dalam Makanan
Bahan Kimia Dalam Makanan. kimia Bahan Makanan. ... Bahan Kimia Dalam Makanan. Your download will begin shortly... But first, we need a bit more information ...
www.scribd.com › ... › Study Guides, Notes, & Quizzes - Tembolok - Mirip
Tampilkan hasil lainnya dari www.scribd.com
# [PDF]
PENGAWETAN DAN BAHAN KIMIA
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
pemakainannya tepat, pengawetan dengan bahan-bahan kimia dalam makanan sangat praktis karena dapat menghambat berkembangbiaknya mikroorganisme ...
kambing.ui.ac.id/bebas/v12/artikel/pangan/PIWP/pengawetan.pdf
#
Keracunan Bahan Kimia dalam Makanan « Chemcare Asia Indonesia
Keracunan bahan kimia dalam makanan merupakan akibat dari memakan tanaman atau hewan yang mengandung racun. KERACUNAN JAMUR (CENDAWAN) ...
chemcareasia.wordpress.com/.../keracunan-bahan-kimia-dalam-makanan/ - Tembolok - Mirip
# [PDF]
BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN - bab 13 kimia dalam makan.pmd
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Versi HTML
Bahan Kimia dalam Makanan. Bahan pewarna alami yang banyak digunakan .... Bahan Kimia dalam Makanan maksimal 0,5 mg tiap kilogram berat badan per hari. ...
118.98.212.211/explorer/view.php?file.../02... - Mirip
#
cyberblog: Bahan Kimia Dalam Makanan
2 Mei 2010 ... Bahan Kimia Dalam Makanan. — memayu hayuning buana @ 01:54. Bahan Kimia Dalam Makanan. Reaksi: No Response to "Bahan Kimia Dalam Makanan" ...
petuahingsun.blogspot.com/.../bahan-kimia-dalam-makanan.html - Tembolok
#
Republika - Mewaspadai Pemakaian Bahan Kimia dalam Makanan
Mewaspadai Pemakaian Bahan Kimia dalam Makanan Tak semua makanan kemasan ditambahkan pengawet. Beberapa waktu lalu, setelah digegerkan dengan penggunaan ...
www.arsip.net/id/link.php?lh=UFdeVlwEAVZR - Tembolok - Mirip
#
Bahan Kimia Dalam Makanan - Web Search Engine by 7Live7.com
Kimia dalam Kehidupan • Bahan Kimia dalam Makanan • Zat Adiktif dan Psikotropika APLIKASI SUMBER BELAJAR TIK Meliputi 12 materi : (12 cd) MATERI :
web.emeraldone.com/Search.aspx?q=Bahan+Kimia+Dalam... - Tembolok
#
Definisi dan Gejala Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan • Sinshe ...
8 Sep 2009 ... Definisi dan Gejala Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan.
www.ahliwasir.com/.../Keracunan-Bahan-Kimia-Dalam-Makanan - Tembolok - Mirip
#
Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan
9 Feb 2010 ... Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan DEFINISI Keracunan bahan kimia dalam makanan merupakan akibat dari memakan tanaman atau hewan yang ...
community.um.ac.id/showthread.php?...Bahan-Kimia-Dalam-Makanan
#
Waspadai Bahan Kimia Lain Dalam Makanan
Mewaspadai Pemakaian Bahan Kimia dalam Makanan Tak semua Fungsi BTP antara lain untuk mengawetkan makanan, mencegah pertumbuhan mikroba perusak ...
lowongankerjabank.info/.../waspadai-bahan-kimia-lain-dalam-makanan.shtml - Tembolok
#
Bahan kimia dalam makanan free powerpoint download and Bahan kimia ...
Download Powerpoint bahan kimia dalam makanan to Facebook - Download Powerpoint bahan kimia dalam makanan to Twitter · Download Powerpoint bahan kimia dalam ...
www.findtoyou.com/.../bahan+kimia+dalam+makanan.html - Tembolok
#
BAHAYA BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN « Dani Puji Utomo's Blog
19 Mei 2010 ... BAHAYA BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN. Bahaya Penggunaan Rhodamin B pada Makanan. Ditulis Oleh: drh. Wina Listiana ...
danipujiutomo.wordpress.com/.../bahaya-bahan-kimia-dalam-makanan/ - Tembolok
#
SANG GEDE PURNAMA » Keracunan bahan kimia dalam makanan
23 Apr 2010 ... Sindroma Rumah Makan Cina bukan merupakan suatu keracunan bahan kimia dalam makanan. Hal ini lebih mengarah kepada reaksi hipersensitivitas ...
staff.unud.ac.id/~purnama/?p=1 - Tembolok
#
Bahan Kimia Dalam Makanan - rcStart.com
Kimia dalam Kehidupan • Bahan Kimia dalam Makanan • Zat Adiktif dan Psikotropika APLIKASI SUMBER BELAJAR TIK Meliputi 12 materi : (12 cd) MATERI : ...
www.rcstart.com/search.php?q=Bahan+Kimia+Dalam... - Tembolok
#
Download Contoh Zat Aditif pada Makanan | Download Free Gratis ...
Zat Aditif? Apa itu? Setiap hari kita memerlukan makanan untuk mendapatkan energi (karbohidrat dan lemak) dan untuk pertumbuhan sel-sel baru, menggantikan.
islam-download.net/contoh-contoh/zat-aditif-pada-makanan.html - Tembolok
#
Komposisi Bahan Kimia Dalam Makanan - Web Search Engine by 7Live7.com
Zat gizi adalah bahan-bahan kimia dalam makanan yang memberikan energi bagi tubuh ... Komposisi pangan yang mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral ...
web.emeraldone.com/Search.aspx?q=Komposisi+Bahan... - Tembolok
#
“BORAKS DAN FORMALIN PADA MAKANAN” | Limbah B3.Com - PT. Tenang ...
... DAMPAK PENGGUNAAN FORMALIN DAN BORAKS PADA MAKANAN, pencemaran bahan kimia dalam makanan, metode anlisis data dalam pembuatan paper pencemaran air, ...
limbahb3.com/index.../“boraks-dan-formalin-pada-makanan”.html - Tembolok
#
Bahan Kimia Dalam Makanan Dan Psikotropika | Info Results
Hama, Gulma, dan Penyakit Tanaman Atom, Molekul, dan Ion Bahan Kimia dalam Makanan Zat Adiktif dan Psikotropika Hukum-hukum Newton Cahaya Bunyi Getaran dan ...
lowongankerjabaru.net/.../bahan+kimia+dalam+makanan+dan+psikotropika - Tembolok - Mirip
#
Arsip InfoAnda • View topic - Mewaspadai Pemakaian Bahan Kimia ...
9 Agu 2007 ... Mewaspadai Pemakaian Bahan Kimia dalam Makanan Tak semua makanan kemasan ditambahkan pengawet. Beberapa waktu lalu, setelah digegerkan ...
forum.infoanda.com/viewtopic.php?f=3&t=2564 - Tembolok

Artikel Terkait:

blog comments powered by Disqus

Mau Berlangganan Artikel Gratis dari Data File Com?

Tulis Email Anda disini:

Setelah Menekan Berlangganan, Kami Membutuhkan Verifikasi dari Email Anda, Agar Kami Bisa Mengirimkan Postingan Terbaru kami ke Email Anda, Jadi silahkan Cek Inbox Email anda setelah mendaftar, dan Klik Link Verifikasi

By Admin

 
..:A:..
Akhi Abdul
Agha'ku
Pak Haris Setiadji
anggasona-anotherbestblog
..:B:..
Blog_Vaganza
Blog Junaidi
...
..:C:..
...
..:D:..
...
..:E:..
E-One S
...
..:F:..
...
..:G:..
...
..:H:..
...
..:I:..
Imanq
Insurance Finance
...
..:J:..
...
..:K:..
KELPOLOVA
KETEP PASS
...
..:L:..
...
..:M:..
...
..:N:..
Nanie Granger
n66ee
...
..:O:..
...
..:P:..
...
..:Q:..
...
..:R:..
...
..:S:..
STAIN Metro
...
..:T:..
...
..:U:..
Urang Lembur
...
..:V:..
...
..:W:..
Wong Ganteng
...
..:X:..
...
..:Y:..
...
..:Z:..
...
Salam Hangat dariku
::| DFC |::
::|Admin|::

Page Rank
 
Back To Top