Makalah Psikologi Perkembangan (Masa Remaja)

| | Selasa, 01 Juni 2010
|

BAB I
PENDAHULUAN


Sebelum kita mengethaui lebih mendalam tentang masa remaja ini, tidak salahnya kita mengethaui terlebih dahulu apasih psikologi perkembangan itu, psikologi perkembangan merupakan ilmu yang mempelajari gejala tingkah laku manusia yaitu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat di ulang kembali. Khusus mengenai perkembagnan remaja, adalah merupakan tahap / proses perkembangan menuju kedewasaan baik kedewasaa fisik maupun rohani. Perkembangan tersebut menunjukkan pada perubahan-perubahan yang syaratnya tetap dan maju.

Masa remaja mempunyai arti tersendiri di lihat dari berbagai sudut pandang.
1. Menurut hukum usia remaja di kelompokkan menjadi 16 – 22 tahun untuk wanita dan 19 – 22 tahun untuk laki-laki.
2. Menurut sudut pandang fisik, masa remaja mencapai kematangan alat-alat kelamin, bentuk tubuh, dan megnalami perubahan-perubahan lain yang sempurna.
3. Menurut WHO, masa dimana terjdi perubahan dari masa anak-anak menjadi dewasa, keadaan relatif lebih mandiri, sosial psikologsi.
Kemudian, masa remaja dibagi menjadi beberapa masa,
1. Masa pra puber
2. Masa puber
3. Masa adolensia

BAB II
PEMBAHASAN


Remaja itu sulit didefinisikan secara mutlak, untuk itu terlebih dahulu mengetahui pengertian remaja, istialh remaja berasal dari bahaa inggris pubertas/Adolescenzia, yang bearti usia kedewasaan./masa pertumbuhan rambut di daerah tulang untuk menghindari kesalahpahaman penggunaan istilah tersebut maka kamus bahasa Indonesia mengaartikan bahwa remaja adalah sama dengan pubertas.
Masa remaja terbagi menjadi tiga, yaitu:
- Masa pra pubertas (pueral), usia 12-14 tahun
- Masa Pubertas usia 14-18 tahun
- Masa Adoleson usia 18-21 tahun
A. Masa Pra Pubertas (Pueral) 12-14 tahun
Masa ini adalah masa peralihan dari masa sekolah menuju masa pubertas, dimana seorang anak yang telah besar, (puer: anak besar) ini sudah ingin berlaku seperti orang dewasa tetapi dirinya belum siap termasuk kelompok orang dewasa. Pra pubertas adalah saat-saat terjadinya kematangan seksual yang sesungguhnya, bersamaan dengan terjadinya perkembangan fisiologis yang berhubungan dengan kematangan kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang bermuara langsung di dalam asluran darah, kemudian mengeluarkan zat-zat yang disebut hormon, dan hormaon tersebut memberikan stimulasi apda tubuh anak sehingga anak merasakan adanya rangsangan-rangsangan tertentu. Rangsangan ini menyebabkan rasa tidak tenang pada diri anak, suatu rasa yang beum pernah di alami sebelumnya pada akhir dunia anak-anaknya cukup menggembirakan.
Masa pra pubertas adalah masa sebelum, yaitu masa usia 0 – 7 tahun (masa anak keul/bermain) sampai usia 7 – 14 tahun (masa anak, masa sekolah rendah)
Kematangan pada wanita terjadi 1,5 sampai 2 tahun lebih awal dari pada pria, kematangan jasmani bagi wanita biasa ditandai dengan adanya menstruasi pertama, sedangkan pada pria ditandai dengan keluarnya sperma yang pertama, biasanya lewat mimpi. Kematangan atas jenis kelamin banyak tergantung kepada iklim, lingkungan budaya setempat, bangsa dan lain-lain, kematangan jasman dianggap sebgai tanda-tanda. Primer akan datangnya masa remaja.
Adapun tanda-tanda sekunder antara lain:
Pria:
- Tumbuh rambut, janggut, kumis
- Selaput suara semakin besar dan berat
- Badan mulai membentuk segitiga, urat menjadi kuat, dll.
Wanita:
- Pinggul semakin besar dan melebar
- Kelenjar-kelenjar pada dada menjadi berisi
- Suara menjadi bulat danmerdu
- Mua menjadi bulat dan berisi
Adapun tanda-tanda tersier antara lain: biasanya di wujudkan dalam perubahan sikap dan prilaku, contoh bagi pria ada perubahan mimik jia bicara, cara berpakaian, cara mengatur rambut, bahasa yang diucapkan, aktingnya, dll, dan bagi wanita ada perubahan cara bicara, cara tertawa, cara pakaian, jalannya dan lain-lain.
Masa ini juga ditandai dengan munculnya perasaan-perasaan negatif pda diri anak, sehingga msa ini ada yang menyebutkan sebagai masa negatif, perasaan negatif yang dialami, antara lain:
1. Ingin selalu menentang lingkungan
2. Tidak tenang, dan gelisah
3. Menarik diri dari masyarkat
4. Kurang dan suka bekerja
5. Kebutuhan utnuk tidur semakin besar
6. Psimestitis dll
Tentang lamanya masa ini sangat relatif tergantung dari ritme dan tempo perkembangan anak, umpama Karl Buhler mengatakan masa ini berlangsung cukup lama meliputi sebagian besar dan masa puber, tetapi H. Hetler menunjukkan lamanya masa ini cukup singkat yaitu ± 9 bulan.
B. Masa Pubertas (Usia 14 – 18 tahun)
Pada masa ini seorang anak tidak lagi hanya bersifat relatif tetapi juga anak mulai mencapai kegiatan dalam rangka menemukan dirinya, serta mencari pedoman hidup, untuk bekal kehdupannya mendatang, tanda-tanda masa pubertas menurut E. Spranger, menyebutkannya ada tiga aktivitas yakni:
1. Penemuan aku
2. Pertumbuhan pedoman kehdupan
3. Memasukan diri pada kegiatan kemasyarkatan
Kegiatan penemuan aku itu ditandai dengan munculnya kesadaran anak akan keberadaan dirinya, mengetahui betapa pentingnya ia untuk ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan, tetapi anak agak bersikap tertutu[, dan lebih senang mengungkapkan pengalamanya itu apda buku harian, senang termenung dll.
Pada kegiatan pencarian pedoman hidup anak puber sudah mulai aktif dan menerima akan norma-norma susila juuga norma-norma agama dan estetika, tetapi ia masih menggantungkan pada orang lain.
Pada kegiatanmemesukkan diri ke dalam kemasyarakatan. Masyarakat tetapi anak belum sempurna pengeahuannya untuk memebedakan menyeleksinya.
Anak puber selalau berusaha mencari hubungan dengan kemungkinan yang diterimanya dari keluarga, kumpulan keluarga, dan persahabatan besar, sebuah masa dalam perkembangan kejiwaan sangat tergantung pada sejarah hidup dan pertumbuhan yang baru lalu, maka masa pubertas yang justru tampak demikian terangnya mengikuti gejala-gejala ketubuhan.
C. Masa Adolesen (Usia 18-21 tahun)
Pada masa ini seseorang sudah dapat mengetahui kondisi dirinya, ia sudah mulai membuat rencana kehidupan serta sudah mulai memilih dan menentukanjalanhidup yang hendak ditemuinya. Pada masa ini kejiwaannya mulai tenang sebagai persiapankehidupan pada masa dewasa.
Masa adolesen adalah masa muda, yaitu usia 12 – 22 tahun dan mencakup keseluruhan perkembangan psikis yang terjadi pada masa tersebut.
Sifat-sifat masa Adolesen antara lain:
1. Menunjukkan timbulnya sikap positif dalam menentukan sistem tata nilai yang ada
2. Menunjukkan adanya ketenangan dan keseimbangan hidup
3. Mulai merencanakan hidup yang jelas dan mapan
4. Mulai senang menghargai
5. Mengdasarkan segalanya atas pertimbangan yang matang
6. Menyadari bahwa sikap aktif,megnkritik waktu ia puber itu mudah tetapi melaksanakannya sulit
Bila masa adolesence ini telah selesai ata habismaka anak-anak akan memasuki jenajng kedewasaan, sebagia fase perkembangan, seseorang yagn telah memiliki (oral dan bentuk kepribadian tersendiri)
Ciri-ciri kedeawsaan menurut, Dr. M.J. Langeveld antara lain:
1. Dapat berdiri sendiri dalam kehidupannya
2. Dapat bertanggung jawab dalam arti sebenarnya
3. Memiliki sifat-sifat yang konstruktif terahdap masyarakat dimana ia berada
Sikap-sikap masa adolesen, yaitu:
1. Menemukan pribadinya
2. Menentukan cita-citanya
3. Menggariskan jalan hidupnya
4. Bertanggung jawab
5. Menghimpun norma-norma tersendiri

BAB III
PENUTUP


Masih sangat kurang jika makalah ini dibandingkan dengan buku-buku yagn khusus membahas masalah masa remaja ini, tetapi setidaknya kami dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang masa remaja ini, walaupun memang kami mendasarkan kepada para pemikir yagn telah ahli dibidangnya.
Kami dapat menyimpulkan bahwa pada dasarnya masa remaja ini adalah masa terjadinya perubahan atau terjadinya kedewasaan, baik kedewasaanjasmani maupun rohani, dimana kedewasaan tersebut ditandai dengan adanya kematangan fisik dn kematangan berfikir (intelektual).
Semoga kiranya makalah ini dpat berkenan dan diterima oleh Ibu Haitatin Chasanatin pada khususnya dan semua kalangan yang membutuhkan. Terimakasih atas dukungannya, dan kami harapkan kritik dan sarannya demi perbaikan makalah ini ke depan.


DAFTAR PUSTAKA



Drs. H. Abu Ahmadi dan Drs. Munawar Shaleh. Psikologi Perkembangan. Rhineka Cipta. Jakarta. 2005.
Drs. Syamsu Yusuf. LN. M.Pd. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. 2000.
Prof. Dr. H. Sunarto dan Dra. Ny.B.Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Rhineka Cipta Cipta. Bnadung.
Dr. M.J. Langevelp. Ilmu Jiwa Perkembangan. Jemmars. Bandung.
http://www.datafilecom.co.cc

#
Kategori:Psikologi perkembangan - Wikipedia bahasa Indonesia ...
Artikel utama untuk kategori ini adalah Psikologi perkembangan. Artikel dalam kategori "Psikologi perkembangan". Kategori ini memiliki 4 halaman, ...
id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Psikologi_perkembangan - Tembolok - Mirip
#
Psikologi - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan ... Pada Metode Psikologi Perkembangan memiliki 2 metode, yaitu : metode umum dan metode ...
id.wikipedia.org/wiki/Psikologi - Tembolok - Mirip
Tampilkan hasil lainnya dari id.wikipedia.org
#
Psikologi Perkembangan « Bimbingan Konseling
12 Apr 2008 ... Psikologi Perkembangan. April 12, 2008 eko Leave a comment Go to comments. Oleh : Arlia Rahmah (Mahasiswa Bimbingan dan Konseling ...
eko13.wordpress.com/2008/04/.../psikologi-perkembangan/ - Tembolok - Mirip
#
psikologi perkembangan remaja :: Psikologi & Konseling
29 Mar 2009 ... psikologi perkembangan remaja Dunia psikologi sangatlah luas dan menarik untuk di kaji dan kembangkan, melihat dari sisi psikologi ...
psikonseling.blogspot.com/.../psikologi-perkembangan-pada-remaja.html - Tembolok - Mirip
#
Wapedia - Wiki: Psikologi perkembangan
Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan ...
wapedia.mobi/id/Psikologi_perkembangan - Tembolok - Mirip
# [DOC]
Perkembangan Psikologi Anak Dalam Kehidupan Sosial
Jenis Berkas: Microsoft Word - Versi HTML
Nama yang dapat diasosiasikan dengan sesuatu hal, dapat membawa pengaruh negatif terhadap perkembangan sosial psikologi anak. karena anak-anak masih sangat ...
www.garutkab.go.id/.../Perkembangan%20Psikologi%20Anak%20Dalam%20Kehidupan%20... - Mirip
#
Psikologi Perkembangan | Great News Network - Daily Gadgets ...
Kebanyakan orang mendefinisikan remaja sebagai periode transisi antara masa anak anak ke masa dewasa. Remaja sebetulnya tidak mempunyai tempat yang jelas.
blog.persimpangan.com/blog/.../psikologi-perkembangan/ - Tembolok - Mirip
#
Psikologi Perkembangan
+ Forum Fakultas Psikologi UGM |- + Diskusi Psikologi |- + Psikologi Perkembangan, 0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat board ini. ...
forum.psikologi.ugm.ac.id/index.php?board=5.0 - Tembolok - Mirip
#
Psikologi Perkembangan | Kuliah Dek Rizky Psikologi
Usia kaku/canggung (a awkward age). Masa berprestasi (a time of achievement). Read the rest of this entry » · Share/Bookmark. Psikologi Perkembangan ...
kuliahpsikologi.dekrizky.com/.../psikologi-perkembangan - Tembolok - Mirip
#
Psikologi Perkembangan - Hasil Google Books
Singgih D.gunarsa Dr
Hanya dalam sifat dan kualitas, perkembangan- perkembangan ini akan ... Tanpa orang lain yang membantu perkembangan anak ini, maka mungkin anak masih dapat ...
books.google.co.id/books?isbn=9794158178...
#
Lihat hasil penelusuran yang diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia:
psikologi perkembangan (developmental psychology)
#
eBook Perkembangan dan Psikologi Anak Balita
Buku elektronik tentang perkembangan dan psikologi bayi dan anak balita pada 3 tahun pertama.
ebook.balitacerdas.com/ - Tembolok - Mirip
#
Psikologi Perkembangan Masa Hidup | Ilmu Psikologi | Artikel ...
Mengapa kita perlu mempelajari psikologi perkembangan atau yang biasa dikenal dengan perkembangan masa hidup (Life Span Development)?
www.psikologizone.com/psikologi-perkembangan-masa-hidup - Tembolok - Mirip
#
Psikologi Perkembangan
Pengantar Psikologi PerkembanganA. Apa itu perkembangan manusia (Human Development)? Human Development adalah :  Sebuah studi ilmiah yang mempelajari ...
www.docstoc.com/docs/26650133/Psikologi-Perkembangan - Tembolok
#
Teori-teori Psikologi Perkembangan
Teori-teori Psikologi PerkembanganIrwan Nuryana Kurniawan Psychology Department Indonesian Islamic University• Sejumlah ide yg koheren, ...
www.docstoc.com/docs/.../Teori-teori-Psikologi-Perkembangan - Tembolok
Tampilkan hasil lainnya dari www.docstoc.com
#
Psikologi Perkembangan :: Sutisna Senjaya
22 Mar 2010 ... Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan ...
sutisna.com/pengetahuan/psikologi-perkembangan/ - Tembolok
#
Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan
sebuah presentasi mengenai bagaimana psikologi memandang perkembangan. Di tilik dari empat perspektif: Kognitif, Humanis.
www.slideshare.net/.../perspektif-psikologi-dalam-memahami-perkembangan - Amerika Serikat - Tembolok - Mirip
#
Psikologi Perkembangan // Explore
Tahap-Tahap Perkembangan Masa PranatalPada umumnya ahli psikologi perkembangan membagi periode Pranatal atas tiga tahap perkembangan, yaitu: a. ...
www.blogcatalog.com/explore/psikologi+perkembangan/ - Tembolok
#
psikologi perkembangan remaja
setelah kelahiran berikut kematangan perilaku J.P. Chaplin, 1979) psikologi perkembangan merupakan ilmu yang mempelajari karakteristik setiap fase-fase ...
www.scribd.com › ... › Study Guides, Notes, & Quizzes - Tembolok - Mirip
#
Peksos Diary
Skinner setuju dengan konsepnya John Watson bahwa psikologi akan diterima sebagai sain (science) bila studi tingkah laku (behavior) tersebut dapat diukur, ...
blogs.unpad.ac.id/teguhaditya/.../psikologi-perkembangan/ - Tembolok - Mirip
#
Psikologi Perkembangan | Facebook
Selamat datang di Halaman Komunitas Facebook tentang Psikologi Perkembangan, koleksi pengetahuan bersama tentang Psikologi Perkembangan.
id-id.facebook.com/.../Psikologi-Perkembangan/110541395623545 - Tembolok
#
Perkembangan masa remaja
Masalah remaja adalah masa datangnya pubertas (sebelas sampai empat belas tahun) sampai usia sekitar delapan belas-masa tranisisi dari kanak-kanak ke dewasa ...
www.ipin4u.esmartstudent.com/psiko.htm - Tembolok - Mirip
#
Masa Remaja | Kesrepro
Masa remaja adalah suatu tahap antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Istilah ini menunjuk masa dari awal pubertas sampai tercapainya kematangan; ...
www.kesrepro.info/?q=node/385 - Tembolok - Mirip
#
Problema Masa Remaja | AKHMAD SUDRAJAT : ALL ABOUT EDUCATION
31 Jan 2008 ... Masa remaja ditandai dengan adanya berbagai perubahan, baik secara fisik maupun psikis, yang mungkin saja dapat menimbulkan problema ...
akhmadsudrajat.wordpress.com/.../problema-masa-remaja-2/ - Tembolok - Mirip
#
Karakteristik Perilaku dan Pribadi pada Masa Remaja | AKHMAD ...
5 Mar 2008 ... Abin Syamsuddin Makmun, (2003) memerinci karakteristik perilaku dan pribadi pada masa remaja, yang terbagi ke dalam bagian dua kelompok ...
akhmadsudrajat.wordpress.com/.../karakteristik-perilaku-dan-pribadi-pada-masa-remaja/ - Tembolok - Mirip
#
Gambar untuk masa remaja
- Laporkan gambarTerima kasih atas tanggapan Anda. Laporkan gambar lainLaporkan gambar yang menyinggung. BatalSelesai
#
Mengenal Masa Remaja Siswa - Xpresi Riau Pos
15 Mar 2009 ... Masa remaja ini justru merupakan masa yang rentan, karena apabila anak salah bergaul maka celakalah mereka dalam menghadapi masa depannya, ...
xpresiriau.com/artikel-tulisan.../mengenal-masa-remaja-siswa/ - Tembolok - Mirip
#
Blog Dunia Psikologi » ciri-ciri remaja
Secara tradisional masa remaja dianggap sebagai periode “badai dan ... Masa remaja mempunyai ciri tertentu yang membedakan dengan periode sebelumnya : ...
duniapsikologi.dagdigdug.com/tag/ciri-ciri-remaja/ - Tembolok - Mirip
#
Remaja - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan ... dan mengarahkan para anak remaja supaya kehidupan yang akan datang lebih ...
id.wikipedia.org/wiki/Remaja - Tembolok - Mirip
#
Info Remaja Jambi ... !!! - Ciri-ciri Masa Remaja
Masa remaja adalah suatu masa perubahan. Pada masa remaja terjadi perubahan yang cepat baik secara fisik, maupun psikologis. Ada beberapa perubahan yang ...
jambizone.com/web/content/view/109/9/ - Tembolok
# [PDF]
Masa Remaja
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
Masa remaja jangan kau lewatkan saja. Masa remaja masa gagah dan jelita ... Masa masa remaja penuh khayal mengganggunya. Masa masa remaja penuh daya yang ...
lirikpluskord.com/kumpulan_lagu/lagu_lagu.../masa_remaja.pdf - Mirip
#
- Cinta Masa Remaja
Salah satu sasaran bidik mutakhir dari sinetron masa kini adalah remaja. Kalau dulu yang namanya sinetron itu identik dengan ibu-ibu atau bahkan pembantu ...
akmal.multiply.com/journal/item/535 - Tembolok - Mirip
# [PDF]
Masa Remaja* diwarnai oleh pertumbuhan, perubahan, munculnya ...
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
melahirkan di masa remaja mereka (lihat Tabel 1). Kehamilan dan persalinan membawa risiko morbiditas dan mortalitas yang lebih ...
www.path.org/files/Indonesian_16-3.pdf - Mirip
#
BK | Bimbingan dan Konseling Indonesia - Masalah dalam Masa Remaja
Siswa SMA berada dalam masa remaja (adolescence). Arti adolescence mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik (Hurlock, 1980:206). ...
konselingindonesia.com/index.php?option=com... - Tembolok - Mirip
#
UNICEF Indonesia - Anak-anak - Masa remaja
Masa usia dini. Masa sekolah dasar. Masa sekolah dasar. Masa remaja ... penting dalam rangka meraih kesejahteraan dan masa depan anak remaja di Indonesia. ...
www.unicef.org/indonesia/id/children_3123.html - Tembolok - Mirip
#
Masa remaja akhir
18 Des 2009 ... Setelah remaja telah ditentukan pendirian hidupnya, pada dasarnya telah tercapailah masa remaja akhir dan telah terpenuhilah tugas-tugas ...
ilmu-psikologi.blogspot.com/2009/.../masa-remaja-akhir.html - Tembolok - Mirip
#
mading sman 1 pakel: Problema Masa Remaja
Fase remaja merupakan masa perkembangan individu yang sangat penting. Harold Alberty (1957) mengemukakan bahwa masa remaja merupakan suatu periode dalam ...
www.madingsman1pakel.co.cc/.../problema-masa-remaja.html - Tembolok - Mirip
#
Pengertian Masa Remaja | Definisi | Pengertian
Freud menafsirkan masa remaja sebagai suatu masa mencari hidup seksual yang mempunyai bentuk yang definitif.Charlotte Buhler menafsirkan masa remaja sebagai ...
definisi-pengertian.blogspot.com/.../pengertian-masa-remaja.html - Tembolok
#
Kehamilan Di Masa Remaja | TELAGA - Tegur Sapa Gembala Keluarga
Masa remaja adalah jembatan yang menghubungkan masa kanak dan masa dewasa. Pada masa inilah remaja tahu dan dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan ...
www.telaga.org/audio/kehamilan_di_masa_remaja - Tembolok - Mirip
#
Rumah Belajar Psikologi - Remaja
Transisi perkembangan pada masa remaja berarti sebagian perkembangan masa .... Perkembangan kepribadian yang penting pada masa remaja adalah pencarian ...
rumahbelajarpsikologi.com/index.php/remaja.html - Tembolok - Mirip
#
KapanLagi.com: Lirik Koes Plus - Masa Remaja
Lirik lagu Masa Remaja oleh Koes Plus. Dapatkan lirik lagu lain oleh Koes Plus di KapanLagi.com.
lirik.kapanlagi.com/artis/koes_plus/masa_remaja - Tembolok
#
Gossip - Nikita Willy Nikmati Masa Remaja
Masa remaja kata orang merupakan masa yang paling indah. Namun banyak artis yang karena kesibukannya, tak sempat menikmati keindahan masa remaja.
www.indosiar.com/gossip/.../nikita-willy-nikmati-masa-remaja - Tembolok - Mirip
1.
MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK
ANAKCIREMAI: MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK - Kumpulan Makalah Gratis Anakciremai, Makalah, Skripsi, Referensi Tesis, download makalah, ...
www.anakciremai.com/.../makalah-psikologi-tentang-perkembangan.html - Tembolok - Mirip
2.
MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG PERKEMBANGAN ANAK NORMAL DAN KEBIASAAN ...
ANAKCIREMAI: MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG PERKEMBANGAN ANAK NORMAL DAN KEBIASAAN-KEBIASAANNYA - Kumpulan Makalah Gratis Anakciremai, Makalah, Skripsi, ...
www.anakciremai.com/.../makalah-psikologi-tentang-perkembangan_02.html - Tembolok - Mirip
3.
MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG PSIKOLOGI PERKEMBANGAN “REMAJA DAN ...
8 Okt 2008 ... untuk makalah ini. Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mandiri yang diberikan oleh dosen mata kuliah psikologi perkembangan ...
makalahkumakalahmu.wordpress.com/.../makalah-psikologi-tentang-psikologi-perkembangan-remaja-dan-pacaran-2/ - Tembolok - Mirip
4.
download makalah, skripsi, tesis dll.: Makalah Psikologi ...
Makalah Psikologi Perkembangan Peran Seks. Judul : Makalah Psikologi Perkembangan Peran Seks. Isi : KATA PENGANTAR, HALAMAN MOTTO, DAFTAR ISI, ...
gudangmakalah.blogspot.com/.../makalah-psikologi-perkembangan-peran.html - Tembolok - Mirip
5. [PDF]
MAKALAH REMAJA DAN PERMASALAHANNYA
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
Salah satu pakar psikologi perkembangan Elizabeth B. Hurlock (1980) ... Makalah disajikan pada ceramah untuk siswa, guru dan orang tua yang ...
resources.unpad.ac.id/unpad-content/.../MAKALAH%20AULIA-1.pdf
6.
News Article makalah perkembangan psikologi remaja Berita IT dan ...
makalah perkembangan psikologi remaja ... Jika ingin melihat akan seperti apa perkembangan web ... Berita / Artikel Selengkapnya ...
www.beritanet.com/search.php?...makalah%20perkembangan%20psikologi%20remaja - Tembolok - Mirip
7.
Makalah Psikologi Perkembangan Manusia | Episentrum, Layanan Psikologi
Kami episentrum, sebuah lembaga psikologi yang sangat peduli dengan pendidikan, memulai upaya peningkatan sumber daya manusia sejak masa kanak-kanak hingga ...
episentrum.com/.../makalah%20psikologi%20perkembangan%20manusia - Tembolok
8.
makalah psikologi perkembangan bayi neonatal
makalah psikologi perkembangan bayi neonatal. 1.1 PENGERTIAN BAYI. Bayi adalah seorang anak yang muda usianya. Disini akan dijelaskan tentang bentuk rupa ...
www.canboyz.co.cc/.../makalah-psikologi-perkembangan-bayi.html - Tembolok
9.
MAKALAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN FILE DOC: PDF Books for Download ...
Makalah Psikologi Perkembangan File Doc PDF Books, eBooks.
pdf-tuts.com/makalah-psikologi-perkembangan-file-doc.html - Tembolok
10.
Psikologi Perkembangan | Makalah | Artikel
Perkembangan Individu memiliki beberapa prinsip-prinsip yaitu: Never ending process (perkembangan tidak akan pernah berhenti), Semua aspek perkembangan ...
agus.blogchandra.com/psikologi-perkembangan/ - Tembolok

Penelusuran yang terkait dengan makalah psikologi perkembangan

makalah psikologi perkembangan anak

makalah psikologi remaja

makalah perkembangan remaja

makalah psikologi sosial
1.
MAKALAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN: PDF For Free ...
Makalah Psikologi Perkembangan Dan Pertumbuhan PDF eBook. May 2010, 03:41 PM. Related Searches. » makalah profil wirausahawan » contoh makalah profil ...
live-pdf.com/makalah-psikologi-perkembangan-dan-pertumbuhan.html - Tembolok
2.
Makalah Psikologi Perkembangan | Masbuchin Ads
Most Popular Tags Last 10 Searches Sunaryo Instrukcja Podnonik Koszowy Genoa Biotechnology Makalah Psikologi Perkembangan Manusia Exorion Mio 269 ...
ads.masbuchin.com/.../makalah+psikologi+perkembangan - Tembolok - Mirip
3.
Jurnal Psikologi Perkembangan Dewasa Madya - Free Download Ebook ...
free download ebook jurnal psikologi perkembangan dewasa madya, rapidshare.com jurnal psikologi perkembangan dewasa madya, torrent jurnal psikologi ...
wavysearch.com/.../jurnal-psikologi-perkembangan-dewasa-madya.html - Tembolok
4.
Makalah psikologi perkembangan peserta didik free document ...
Download makalah psikologi perkembangan peserta didik document and Download makalah psikologi perkembangan peserta didik doc - on findtoyou.
www.findtoyou.com/.../makalah+psikologi+perkembangan+peserta+didik.html - Tembolok
5.
Hasil Pencarian Iklan Tentang Eko Pujianto: Makalah Psikologi ...
Hasil Pencarian Iklan eko pujianto: makalah psikologi perkembangan ... makalah psikologi. PERKEMBANGAN ANAK NORMAL DAN KEBIASAAN-KEBIASAANNYA Setiap ...
iklanbarisgratis.info/.../eko+pujianto:+makalah+psikologi+perkembangan - Tembolok
6.
makalah psikologi anak sd - PDFs Search engine. Free unlimited pdf ...
Semarang: Fakultas Psikologi ... http://www.unika.ac.id/fakultas/psikologi/artikel/bw-1.pdf. MAKALAH PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK HOMESCHOOLING USIA ...
www.pdfs.name/makalah-psikologi-anak-sd - Tembolok
7.
Makalah Psikologi Perkembangan Kognitif Autis | Episentrum ...
Not found for makalah psikologi perkembangan kognitif autis Try a ... You have searched the archives for makalah psikologi perkembangan kognitif autis ...
episentrum.com/.../makalah%20psikologi%20perkembangan%20kognitif%20autis - Tembolok
8.
makalah psikologi perkembangan masbuchin ads | makalah psikologi ...
Psikologi Perkembangan Mengkaji Perilaku Individu Yang Berada Dalam Psikologi Perkembangan masbuchin.com Makalah Kita Semua Masbuchin Ads Click Here ...
www.anggaispayana.com/.../makalah+psikologi+perkembangan+masbuchin+ads - Tembolok
9.
MAKALAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK REMAJA: PDF Books for Download ...
Makalah Psikologi Perkembangan Anak Remaja PDF Books, eBooks.
www.pdf-tuts.com/makalah-psikologi-perkembangan-anak-remaja.html - Tembolok
10.
5 Makalah Psikologi - makalah.net
Berikut ini adalah makalah yang terkait dengan psikologi anak, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, dan teori psikologi, siap download. ...
www.makalah.net/5-makalah-psikologi/ - Tembolok

Penelusuran yang terkait dengan makalah psikologi perkembangan

makalah psikologi perkembangan anak

makalah psikologi remaja

makalah perkembangan remaja

makalah psikologi sosial

Artikel Terkait:

blog comments powered by Disqus

Mau Berlangganan Artikel Gratis dari Data File Com?

Tulis Email Anda disini:

Setelah Menekan Berlangganan, Kami Membutuhkan Verifikasi dari Email Anda, Agar Kami Bisa Mengirimkan Postingan Terbaru kami ke Email Anda, Jadi silahkan Cek Inbox Email anda setelah mendaftar, dan Klik Link Verifikasi

By Admin

 
..:A:..
Akhi Abdul
Agha'ku
Pak Haris Setiadji
anggasona-anotherbestblog
..:B:..
Blog_Vaganza
Blog Junaidi
...
..:C:..
...
..:D:..
...
..:E:..
E-One S
...
..:F:..
...
..:G:..
...
..:H:..
...
..:I:..
Imanq
Insurance Finance
...
..:J:..
...
..:K:..
KELPOLOVA
KETEP PASS
...
..:L:..
...
..:M:..
...
..:N:..
Nanie Granger
n66ee
...
..:O:..
...
..:P:..
...
..:Q:..
...
..:R:..
...
..:S:..
STAIN Metro
...
..:T:..
...
..:U:..
Urang Lembur
...
..:V:..
...
..:W:..
Wong Ganteng
...
..:X:..
...
..:Y:..
...
..:Z:..
...
Salam Hangat dariku
::| DFC |::
::|Admin|::

Page Rank
 
Back To Top