Fisiologi Jantung Bag 5 (Aspek Anatomi Jantung)

| | Senin, 30 Januari 2012
|

(

Ketika katup semilunaris terdomng untuk menutup, tepi-tepi daun katup akan menyatu membentuk suatu kelim antibocor yang mencegah katup berbalik arah ke atas ke lubang masuk arteri-arteri besar yang keluar dari pangkal ventrikel.
Tiap-tiap sel otot jantung saling berhubungan untuk membentuk serat yang bercabang-cabang, dengan sel-sel yang berdekatan dihubungkan ujung-ke-ujung pada struktur kbusus yang dikenal sebagai diskus inter­ kalatus (intercalated disc). Di dalam sebuah diskus inter­kalatus, terdapat dua jenis pertautan membran: desmosom dan gap junction (Gbr. 9-8). Desmosom, sejenis taut lekat yang secara mekanis menyatukan sel-sel, banyak dijumpai di jaringan, misalnya jantung, yang sering mendapat tekanan mekanis (lihat h. 54). Pada interval-interval
tertentu di sepanjang diskus interkalatus, kedua membran yang berhadapan saling mendekat untuk membentuk gap, junction, yaitu tlaerah-daerah dengan resistensi listrik yang rendah dan memungkinkan potensial aksi menyebar dari satu sel jantung ke sel di dekatnya (lihat h. 55). Otot jantung mampu menghasilkan potensial aksi tanpa rangsangan saraf apapun. Apabila salah satu sel jantung secara spontan mengalami potensial aksi, impuls listrik menyebar ke semua sel lain yang dihubungkan oleh gap junction di massa otot di sekitarnya, sehingga sel-sel tersebut tereksitasi dan berkontraksi sebagai sebuah sinsitium fungsional (lihat h. 249). Atrium dan ventrikel masing-masing membentuk suatu sinsitium fungsional dan berkontraksi sebagai unit yang terpisah. Kontraksi sinkron sel-sel otot yang membentuk dinding kedua bilik tersebut menghasilkan gaya yang diperlukan untuk mendorong darah.
Tidak terdapat gap junction di antara sel-sel kontraktil atrium dan ventrikel dan, selain itu, kedua massa otot itu dipisahkan oleh rangka fibrosa yang mengelilingi katup­katup dan tidak dapat menghantarkan listrik. Namun, terdapat suatu sistem penghantar khusus untuk mem­permudah dan mengkoordinasikan transmisi eksitasi listrik dari atrium ke ventrikel agar pemompaan atrium dan ventrikel berjalan sinkron.

Karena sifat sinsitium otot jantung dan adanya sistem hantaran antara atrium dan ventrikel, sebuah impuls yang secara spontan timbul di salah satu bagian jantung akan menyebar ke seluruh jantung. Dengan demikian, tidak seperti otot rangka yang .dapat menghasilkan gradasi kontraktil dengan mengubah-ubah jumlah sel otot yang berkontraksi dalam sebuah otot (rekrutmen unit motorik), serat-serat otot jantung akan selunihnya berkontraksi atau tidak sama sekali. Kontraksi "separuh jantung" tidak akan terjadi. Gradasi kontraktil jantung terjadi dengan mengubah-ubah kekuatan kontraksi semua sel otot jantung.
Sel-sel otot jantung memiliki banyak mitokondria, organel energi yang dependen O2. Pada kenyataannya, sampai 40% volume sel otot jantung ditempati oleh mitokondria, yang menunjukkan betapa besarnya jantung bergantung pada metabolisme aerobik untuk meng­hasillcan energi yang diperlukan untuk kontraksi. Otot jantung juga memiliki banyak mioglobin, yang me­nyimpan 02 dalam jumlah terbatas di dalam jantung untuk dapat segera digunakan dan juga mempermudah transportasi 02 yang tiba di sel ke mitokondria untuk diolah secara cepat.
Setelah lahir tidak ada sel otot jantung baru yang dibuat. Setiap pembesaran jantung yang terjadi disebab­kan oleh hipertrofi jantung, yaitu peningkatan ukuran serat otot jantung. Hipertrofi jantung terjadi sebagai respons terhadap peningkatan kerja yang dibebankan pada jantung, misalnya ketika jantung harus memompa darah melawan peningkatan resistensi (sebagai contoh, melewati katup jantung yang menyempit akibat penyakit atau ke dalam pembuluh darah yang kaku akibat "pengerasan arteri"), atau ketika jantung hams memompa lebih banyak darah (misalnya sebagai respons terhadap olahraga yang teratur).
Jantung terbungkus oleh kantung perikardium. Jantung terbungkus di dalam kantung perikardium membranosa berdinding ganda (Gbr. 9-9). Lapisan luar kantung adalah membran fibrosa yang kuat yang melekat ke partisi jaringan ikat yang memisahkan paru. Perlekatan ini menambatkan jantung, sehingga jantung tetap pada posisinya di dalam dada. Kantung bagian dalam dilapisi oleh suatu membran yang mengelua: kan cairan peri­kardium encer, yang menghasilkan pelumasan untuk mencegah gesekan antara lapisan-lapisan perikardium ketika jantung berdenyut. Kadang-kadang terjadi peri­karditis, peradangan kantung perikardium yang menye­babkan rasa nyeri akibat gesekan, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.
Apabila darah karena perdarahan masuk ke kantung perikardium akibat luka yang menembus jantung atau robeknya dinding jantung, kantung, karena membran luarnya yang kuat, tidak dapat mengembang untuk menyesuaikan diri terhadap tambahan volume cairan. Malahan kantung membesar ke dalam, menekan jantung dan membatasi pengisian jantung. Efek ini serupa dengan memeras sebuah bola karet dengan tangan Anda. Jantung kekurangan ruang untuk mengembang, sehingga jumlah darah yang dapat masuk melalui vena terbatas. Karena darah yang kembali ke jantung untuk dipompa ke luar ke jaringan berkurang, timbul gagal jantung. Distensi kantung perikardium yang mengganggu peng­isian jantung seperti itu dikenal sebagai tamponade jantung.
Bersambung insyaALlah ... 


)

Artikel Terkait:

blog comments powered by Disqus

Mau Berlangganan Artikel Gratis dari Data File Com?

Tulis Email Anda disini:

Setelah Menekan Berlangganan, Kami Membutuhkan Verifikasi dari Email Anda, Agar Kami Bisa Mengirimkan Postingan Terbaru kami ke Email Anda, Jadi silahkan Cek Inbox Email anda setelah mendaftar, dan Klik Link Verifikasi

By Admin

 
..:A:..
Akhi Abdul
Agha'ku
Pak Haris Setiadji
anggasona-anotherbestblog
..:B:..
Blog_Vaganza
Blog Junaidi
...
..:C:..
...
..:D:..
...
..:E:..
E-One S
...
..:F:..
...
..:G:..
...
..:H:..
...
..:I:..
Imanq
Insurance Finance
...
..:J:..
...
..:K:..
KELPOLOVA
KETEP PASS
...
..:L:..
...
..:M:..
...
..:N:..
Nanie Granger
n66ee
...
..:O:..
...
..:P:..
...
..:Q:..
...
..:R:..
...
..:S:..
STAIN Metro
...
..:T:..
...
..:U:..
Urang Lembur
...
..:V:..
...
..:W:..
Wong Ganteng
...
..:X:..
...
..:Y:..
...
..:Z:..
...
Salam Hangat dariku
::| DFC |::
::|Admin|::

Page Rank
 
Back To Top