Fisiologi Jantung Bag 3 (Aspek Anatomi Jantung)

| | Senin, 30 Januari 2012
|

(ASPEK ANATOMI

Jantung terletak di tengah rongga dada.
Jantung adalah organ berotot berongga dengan ukuran sekepalan. Jantung terletak di rongga toraks (dada) sekitar garis tengah antara sternum atau tulang dada di sebelah anterior dan vertebra (tulang punggung) di sebelah posterior (Gbr. 9-2a). Letak jantung di garis tengah menimbulkan perkiraan letak yang dapat mem­bingungkan. Taruhlah tangan Anda di atas jantung seolah-olah Anda mengikrarkan Janji Kesetiaan. Di mana Anda meletakkan tangan Anda? Orang biasanya menempatkan tangan mereka di sisi kiri dada, walaupun jantung sebenarnya terletak di garis tengah dada. Jantung memiliki pangkal yang lebar di sebelah atas dan meruncing membentuk ujung yang disebut apeks di dasar. Jantung membentuk sudut terhadap sternum, sehingga pangkalnya terutama berada di kanan dan apeks di kiri sternum. Sewaktu jantung berdenyut, terutama sewaktu berkontraksi secara kuat, apeks sebenarnya membentur bagian dalam dinding dada di sisi kiri. Karena kita menyadari detak jantung melalui benturan apeks di sisi kiri dada, kita cenderung menganggap­secara rancu-bahwa seluruh jantung terletak di sebelah kiri.
Kenyataan bahwa jantung terletak antara dua struktur tulang, sternum dan vertebra, memungkinkan kita secara manual mendorong darah keluar dari jantung apabila jantung tidak memompa secara efektif dengan menekan sternum secara berirama (Gbr. 9-2b). Manuver ini menekan jantung antara sternum dan vertebra, sehingga darah diperas ke luar seolah-olah jantung sedang berd­enyut. Kompresi jantung eksternal ini, yang merupakan bagian dari resusitasi jantung paru (RJP), sering berfungsi sebagai tindakan darurat penyelamatan nyawa sampai terapi yang sesuai dapat diberikan untuk me­mulihkan fungsi normal jantung.
Walaupun menyelamatkan nyawa, tekanan lokal intensif yang diterapkan ke sternum selama kompresi jantung manual kadang-kadang menyebabkan iga patah. Namun, metode RJP tradisional ini mungkin segera akan diganti oleh metode baru yang lebih aman apabila Jantung adalah pompa ganda. peralatan yang diperlukan tersedia. Sekarang sedang• dilakukan serangkaian tes terhadap rompi yang dapat Walaupun secara anatomis jantung adalah satu organ, sisi digelembungkan yang dikontrol oleh komputer, yang kanan dan kiri jantung berfungsi sebagai dua pompa menghasilkan letupan-letupan tekanan secara teratur dan yang terpisah. Jantung dibagi menjadi separuh kanan dan tersebar merata di sekeliling sangkar iga. Letupan- kiri dan memiliki empat bilik (ruang), bilik bagian atas letupan tekanan eksternal yang meningkat tersebut dan bawah di kedua belahannya (Gbr. 9-3a). Bilik-bilik secara periodis menekan jantung dan memeras darah atas, atria (atrium, tunggal) menerima darah yang keluar, tetapi dengan risiko kerusakan sangkar iga yang kembali ke jantung dan memindahkannya ke bilik-bilik jauh lebih kecil karena tekanan diterapkan secara merata bawah, ventrikel, yang memompa darah dari jantung. di sekeliling dada. Selain itu, rompi yang dapat Pembuluh yang mengembalikan darah dari jaringan ke digelembungkan tersebut mendorong ke luar lebih banyak atria adalah vena, dan pembuluh-pembuluh yang meng­darah dengan konsistensi yang lebih besar daripada angkut darah menjauhi ventrikel menuju ke jaringan kompresi jantung klasik. Perancang rompi berspekulasi adalah arteri. Kedua belahan jantung dipisahkan oleh bahwa angka keberhasilan resusitasi akan meningkat septum, suatu partisi otot kontinu yang mencegah pen­dengan teknik RJP baru ini. campuran darah dari kedua sisi jantung. Pemisahan ini
sangat penting, karena separuh kanan jantung menerima dan memompa darah beroksigen rendah sementara sisi kiri jantung menerima dan memompa darah beroksigen tir.ggi.
Marilah kita memeriksa bagaimana jantung berfungsi sebagai pompa ganda dengan membuntuti setetes darah melalui satu sirkuit lengkap (Gbr. 9-3a dan b). Darah yang kembali dari sirkulasi sistemik masuk ke atrium kanan mclalui vena-vena besar yang dikenal sebagai vena kava. Tetes darah _yang masuk ke atrium kanan kernbali dari jaringan tubuh, telah diambil O2 nya dan ditambahi CO2. Darah yang mengalami deoksigenasi parsial tersebut mengalir dari atrium kanan ke dalam ventrikel kanan, yang memompanya ke luar melalui arteri pulmonalis ke par-u. Dengan demikian, sisi kanan jaruung memompa darah ke dalam sirkulasi paru. Di dalam par-u, tetes darah tersebut kehilangan CO2, ekstranya dan menycrap O2 segar sebelum dikembalikan ke atrium kiri melalui vena pulmonalis. Darah kaya oksigen yang kembali ke atrium kiri ini kemudian meng­alir ke dalam ventrikel kiri, bilik pompa yang men­dorong darah ke semua sistern tubuh kecuali panr; jadi, sisi kiri jantung rrzernompa darah ke dalam sirkulasi sistemik. Arteri besar yang membawa darah menjauhi ventrikel kiri adalah aorta. Aorta bercabang menjadi arteri besar untuk rnemperdarahi berbagai jaringan tubuh.
Berbeda dengan sirkulasi pulmonalis, yang seluruh darahnya mengalir melalui paru, sirkulasi sistemik dapat dilihat sebagai rangkaian jalur-jalur paralel. Sebagian darah yang dipompakan ke luar oleh ventrikel kiri menuju kc otot-otot, sebagian ke ginjal, sebagian ke otak, dan seterusnya Jadi, keluaran ventrikel kiri ter­sebar, sehingga tiap-tiap bagian tubuh menerima pasokan darah segar; darah arteri yang sarna tidak mengalir dari jaringan ke jaringan. Dengan demikian, tetes darah yang kita ikuti hanya menuju ke satu jaringan sistemik. Jaringan mengambil O2, dari darah dan menggunakannya untuk mengoksidasi zat-zat gizi untuk menghasilkan energi; dalam prosesnya, sel-sel jaringan membentuk CO2 sebagai produk buangan yang ditambahkan ke darah: Tetes darah, sekarang secara parsial kekurangan O2 dan mengandung CO2, yang meningkat, kembali ke sisi kanari jantung. Satu sirkuit selesai. (Lihat fitur penyerta dalam kotak, Konsep, Tantangan, dan Kontroversi).

Bersambung InsyaAllah ...


)

Artikel Terkait:

blog comments powered by Disqus

Mau Berlangganan Artikel Gratis dari Data File Com?

Tulis Email Anda disini:

Setelah Menekan Berlangganan, Kami Membutuhkan Verifikasi dari Email Anda, Agar Kami Bisa Mengirimkan Postingan Terbaru kami ke Email Anda, Jadi silahkan Cek Inbox Email anda setelah mendaftar, dan Klik Link Verifikasi

By Admin

 
..:A:..
Akhi Abdul
Agha'ku
Pak Haris Setiadji
anggasona-anotherbestblog
..:B:..
Blog_Vaganza
Blog Junaidi
...
..:C:..
...
..:D:..
...
..:E:..
E-One S
...
..:F:..
...
..:G:..
...
..:H:..
...
..:I:..
Imanq
Insurance Finance
...
..:J:..
...
..:K:..
KELPOLOVA
KETEP PASS
...
..:L:..
...
..:M:..
...
..:N:..
Nanie Granger
n66ee
...
..:O:..
...
..:P:..
...
..:Q:..
...
..:R:..
...
..:S:..
STAIN Metro
...
..:T:..
...
..:U:..
Urang Lembur
...
..:V:..
...
..:W:..
Wong Ganteng
...
..:X:..
...
..:Y:..
...
..:Z:..
...
Salam Hangat dariku
::| DFC |::
::|Admin|::

Page Rank
 
Back To Top