Pendidikan Informal pada
awalnya dikenalkan Malcolm Knowles (1950), pendidikan informal didefinisikan
sebagai sebuah pendidikan yang tidak di dilakukan pada suatu institusi belajar,
pendidikan ini bersifat pengalaman, dan tidak sepenuhnya terprogram, pendidikan
ini berjalan secara spontan (Marsick & Volpe, 1999).
Pendidikan Informal juga
didefinisikan sebagai pendidikan bahwa pembelajaran informal dicapai melalui
pemodelan sosial (Bandura 1986). Definisi lain dari pembelajaran informal oleh
Marsick dan Volpe (1999) mengemukakan bahwa pendidikan informal terjadi akibat
adanya pengaruh internat atau eksternal, yang terjadi secara tidak teratur, dan
terjadi melalui tindakan dan refleksi. [1]
Dari beberapa definisi yang penulis dapatkan di atas dapat penulis
simpulkan bahwa pendidikan informal merupakan pendidikan yang bersifat
pengalaman yang terjadi dengan adanya pengaruh internal dan eksternal, dilakukan
secara langsung (spontan), dan pendidikan ini tidak sepenuhnya terprogram.
[1]Journal of Industrial Teacher
Education (Informal Learning: An Exploratory Study of Unstructured Learning
Experiences of T&I Teachers Enrolled In an Alternative Teacher Teacher
Education Program) & (Learning Strategy Patterns and Instructional
Preferencesof Career and Technical Education Students)
.