Pengertian Pendidikan Informal (bag. Pembahasan Point A)

| | Minggu, 25 November 2012
|

Pendidikan Informal pada awalnya dikenalkan Malcolm Knowles (1950), pendidikan informal didefinisikan sebagai sebuah pendidikan yang tidak di dilakukan pada suatu institusi belajar, pendidikan ini bersifat pengalaman, dan tidak sepenuhnya terprogram, pendidikan ini berjalan secara spontan (Marsick & Volpe, 1999).

Pendidikan Informal juga didefinisikan sebagai pendidikan bahwa pembelajaran informal dicapai melalui pemodelan sosial (Bandura 1986). Definisi lain dari pembelajaran informal oleh Marsick dan Volpe (1999) mengemukakan bahwa pendidikan informal terjadi akibat adanya pengaruh internat atau eksternal, yang terjadi secara tidak teratur, dan terjadi melalui tindakan dan refleksi. [1]
Dari beberapa definisi yang penulis dapatkan di atas dapat penulis simpulkan bahwa pendidikan informal merupakan pendidikan yang bersifat pengalaman yang terjadi dengan adanya pengaruh internal dan eksternal, dilakukan secara langsung (spontan), dan pendidikan ini tidak sepenuhnya terprogram.



[1]Journal of Industrial Teacher Education (Informal Learning: An Exploratory Study of Unstructured Learning Experiences of T&I Teachers Enrolled In an Alternative Teacher Teacher Education Program) & (Learning Strategy Patterns and Instructional Preferencesof Career and Technical Education Students)


 .

Artikel Terkait:

blog comments powered by Disqus

Mau Berlangganan Artikel Gratis dari Data File Com?

Tulis Email Anda disini:

Setelah Menekan Berlangganan, Kami Membutuhkan Verifikasi dari Email Anda, Agar Kami Bisa Mengirimkan Postingan Terbaru kami ke Email Anda, Jadi silahkan Cek Inbox Email anda setelah mendaftar, dan Klik Link Verifikasi

By Admin

 
..:A:..
Akhi Abdul
Agha'ku
Pak Haris Setiadji
anggasona-anotherbestblog
..:B:..
Blog_Vaganza
Blog Junaidi
...
..:C:..
...
..:D:..
...
..:E:..
E-One S
...
..:F:..
...
..:G:..
...
..:H:..
...
..:I:..
Imanq
Insurance Finance
...
..:J:..
...
..:K:..
KELPOLOVA
KETEP PASS
...
..:L:..
...
..:M:..
...
..:N:..
Nanie Granger
n66ee
...
..:O:..
...
..:P:..
...
..:Q:..
...
..:R:..
...
..:S:..
STAIN Metro
...
..:T:..
...
..:U:..
Urang Lembur
...
..:V:..
...
..:W:..
Wong Ganteng
...
..:X:..
...
..:Y:..
...
..:Z:..
...
Salam Hangat dariku
::| DFC |::
::|Admin|::

Page Rank
 
Back To Top