Kode etik adalah pola ketentuan / aturan / tata cara yang menjadi pedoman menjalani tugas dan aktivitas suatu profesi. Di samping rumusan kode etik bimbingan dan konseling yang dirumusakan oleh ikatan petugas bimbingan Indonesia, yaitu:
1. Pembimbing menghormati harkat klien.
2. Pembimbing menempatkan kepentingan klien diatas kepentingan pribadi.
3. Pembimbing tidak membedakan klien.
4. Pembimbing dapat menguasai dirinya, dalam arti kata kekurangan-kekurangannya dan perasangka-prasangka pada dirinya.
5. Pembimbing mempunyai sifat renda hati sederhana dan sabar.
6. Pembimbing terbuka terhadap saran yang diberikan pada klien.
7. Pembimbing memiliki sifat tanggung jawab terhadab lembaga ataupun orang yang dilayani.
8. Pembimbing mengusahakan mutu kerjanya sebaik ungkin.
9. Pembimbing mengetahui pengetahuan dasar yang memadai tentang tingkah laku orang , serta tehnik dan prosedur layanan bimbingan guna memberikan layanan sebaik-baiknya.
10. Seluruh catatan tentang klien bersifat rahasia.
11. Suatu tes hanya boleh diberikan kepada petugas yang berwenang menggunakan dan menafsirkan hasilnya.
Beberapa rumusan kode etik bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut:
1. Pembimbing yang memegang jabatan harus memegang teguh prinsip-prinsip bimbingan dan kinseling.
2. Pembimbing harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai hasil yang baik.
3. Pekerjaan pembimbing harus harus berkaitan dengan kehidupan pribadi seseorang maka seorang pembimbing harus:
a. Dapat menyimpan rahasia klien
b. Menunjukkan penghargaan yang sama pada berbagai macam klien.
c. Pembimbing tidak diperkjenan menggunakan tena pembantu yang tidak ahli.
d. Menunjukkan sikap hormat kepada klien
e. Meminta bantuan alhi diluar kemampuan stafnya.
.- Makalah BK (Bimbingan Konseling)
- Orientasi Layanan bimbingan dan Konseling
- Asas-Asas Bimbingan dan Konseling
- Prinsip-prinsip Operasional Bimbingan dan Konseling Sekolah
- Landasan Bimbingan dan Konseling
- Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembelajaran Siswa
- Tujuan Bimbingan Di Sekolah
- Peranan bimbingan dan konseling dalam pendidikan di sekolah.
- Pengertian Bimbingan dan Konseling
- Makalah BK (Bimbingan Konseling)
- Orientasi Layanan bimbingan dan Konseling
- Asas-Asas Bimbingan dan Konseling
- Prinsip-prinsip Operasional Bimbingan dan Konseling Sekolah
- Landasan Bimbingan dan Konseling
- Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembelajaran Siswa
- Tujuan Bimbingan Di Sekolah
- Peranan bimbingan dan konseling dalam pendidikan di sekolah.
- Pengertian Bimbingan dan Konseling
- Teknik Teknik Bimbingan Konseling (BK) (Makalah)
- Pendidikan Informal Tahapan Pendidikan Yang Menjadi Gerbang Dan Benteng Bagi Kehidupan Seorang Anak (Bag. Pendahuluan)
- Makalah BK (Bimbingan Konseling)
- Pengertian dan Fungsi Manajemen (Makalah)
- Orientasi Layanan bimbingan dan Konseling
- Asas-Asas Bimbingan dan Konseling
- Prinsip-prinsip Operasional Bimbingan dan Konseling Sekolah
- Landasan Bimbingan dan Konseling
- Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembelajaran Siswa
- Tujuan Bimbingan Di Sekolah
- Peranan bimbingan dan konseling dalam pendidikan di sekolah.
- Pengertian Bimbingan dan Konseling
- KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) Makalah Matematika
- Teknik Teknik Bimbingan Konseling (BK) (Makalah)
- Kepemimpinan Wanita (Makalah)
- Makalah (Penyelesaian Polemik Qunut Subuh)
- Psikologi Perkembangan (Periodesasi Perkembangan)
- Aplikasi Teknologi Informasi Terhadap Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
- Makalah tentang Pengaturan Nafas
- TUTORIAL PEMBUATAN MAKALAH
- Makalah Psikologi Kepribadian
- Makalah tentang Sistema Peredaran Jantung
- Makalah Sifat Kimia Tanah
- Makalah Perkembangbiakan Generatif
- Peran Guru dalam Mengendalikan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar