Dasar-Dasar Pendidikan MIPA

| | Minggu, 09 Mei 2010
|

THE REALITY WORTH STUDYING

Selama ini pembelajaran mayoritas berupa direct instructional berpusat pada guru dengan metode ceramah. Guru mendominasi seluruh aspek pembelajaran dan siswa hanya sebagai obyek yang pasif dan tidak kreatif. Pembelajawran berbasis Kompetensi dilakukan dengan orientasi pencapaian siswa, sehingga muara akhir hasil pembelajaran yakni menigkastnya muara akhir hasil pembelajaran yakni meningkatnya Kompetensi peserta didik yang dapat diukur dalam pola sikap, pengetahuan dan ketrampilannya.

Prinsip pembelajaran berbasis Kompetensi antar lain, berpusat pada siswa agawr mencapai Kompetensi yang diharapkan, pembelajaran terpadu, dilakukan degan sudut pandang keunikan individual setiap peserta didik, dilakukan secara bertahap dan terus menerus dengan menerapkan belajar tuntas. Siswa dihadapkan pad asituasi pemecahan masalah, dilakukan dengan multi strategi dan multi media dan peran guru sebagai fasilitator, motivator, dan nara sumber.
Strategi
Salah satu strategi yang memenuhi prinsip pembelajawran berbasis kompeteinsi siswa melalui pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) atau sering disingkast model CTL. Secara umum CTL dimaknai sebagai suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan isi meteri pelajaran dengan keadaan dunia nyata.
Pembelajaran ini memotivasi siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang diperoleh di kelas dan penerapannya dalam kehidupan yang diperoleh di kelas dan penerpannya penerapannya dalam kehidupan siswa sebagai anggota keluarga, warga masyarakat dan nantinya sebagai tenaga kerja (US Department of Education and the National School-to-work Office, 2001).
Proses belajar akan sangat efektif bilas pengetahuan baru diberikan berdasarkan pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Pengetahuan yang diberikan hendaknya ada hubungan yang erat dengan pengalaman nyata siswa sesungguhnya. Katz (1981) menyatakan bahwa suatu program pembelajaran bukanlah sekedar suatu kumpulan mata pelajaran, namun lebih dari itu. Banyak hal yang perlud ipertimbangkan dalam menyusun program pembelajaran antar alain peran guru, hakikat pengajaran dan pembelajaran dan misi sekolah alam masyarakat.
Melalui pendekatan ini diharapkan pembelajaran mudah dipahami siswa. Isi pelajaran tidak di awang-awang dan mempermudah siswa menghayati makna pembelajaran secara mendalam. Selama ini pembelajaran hanya teori yang muluk-muluk, sementara siswa tidak mudheng, kibatnya siswa mudah lupa dan pembelajaran membosankan anak.
Kata kunci dalam pembelajaran ini antar lain real world learning, mengutamakan pengalaman nyata, berpikir tingkat tinggi, berpusat pada siswa. Siswa aktif, kritis dan kreatif, pengetahuan bermakna dalam kehidupan, dekat dengan kehidupan nyata. Serta adanya perubahan tingkah dengan kehidupan nyata. Serta adanya perubahan tingkah laku, siswa praktik bukan menghafal dan siswa tertantang untuk memecahkan masalah.

WORKING MODEL

Model pembelajaran menggambarkan tingkat terluas dari praktek pendidikan dan berisikan orientasi filosofi pembelajaran, model digunakan untuk menyeleksi dan menyusun strategi pembelajaran, metode, ketrampilan, dan aktivitas peserta didik untuk memberikan tekanan pada salah satu bagian pembeajawran (topic/konton) dalam setiap model terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan. Strategi pembelajaran merupakan rencana atau kebaikan yang dirancang untuk mencapai tujuan.
Stimulai dalam interaksi berbentuk simulasi mahasiswa dihadapkan pada suatu situasi buatan (artificial) yang menyerupai kondisi dan situasi yang sesungguhnya. Program-program pembelajaran interaktif berbentuk simulasi memberi kemungkinan bagi pemakaianya untuk melakukan latihan nyata tanpa harus menghadapi resiko yang sebenarnya. Sebuah program simulasi komputer untuk penerbang (pilot) dirancnang sama seperti ruang kemudi (cockpit) yang sesungguhnya. Semua instrumen yang tersedia sama seperti ayng ada di dalam ruang kemudi pesawat terbang. Dalam program simulasi ini pilot seolah-olah dapat menaikkan atau menurunkan pesa2wat tanpa harus menghadapi resiko jatuhnya pesawat. Sejumlah program komputer telah berhasil menciptakan simulasi dalam mata pelajaran kimia, matematika dan fisika. Simulasi pada mat apelajran kimia telah memungkinkan mahasiswa melakukan percobaan kimia tanpa menghadapi resiko terkena langsung bahan kimia yang beracun. Beberapa program simulasi dilengkapi dengan petunjuk tentang cara penggunaannya dalam bentuk bahan penyerta ()earning guides). Namun, bayak juga program lain yang tidak dilengkapi dengan bahan penyerta. Interaksi dalam bentuk simulasi dapat dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran. Hal penting yang harus diperhatikan adalah pemberian umpan balik untuk memberi informasi tentang tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti program simulasi.
Umpan balik tetap merupakan faktor yang sangat penting dalam program-program pembelajaran yang berbentuk interaktif. Umpan balik dapat dipergunakan oleh mahasiswa untuk mengetahui tingkat keberhasilannya dalam memecahkan soal atau masalah. Program-program berbentuk pemecahan masalah biasanya berisi beberapa soal atau masalah yang diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesulitan yang dikandung di dalamnya. Mahasiswa dapat mencoba memecahkan masalah yang lebih tinggi tingkatannya setelah berhasil memecahkan masalah dengan tigkat kesulitan yang lebih rendah. Program interaktif berbentuk pemecahan masalah angat tepat digunakan dalam mata kuliah sains dan teknologi, walaupuntidak tertutup kemungkinan untuk dapat diterapkan pada mata kuliah non eksakta (ilmu sosial). Dalam media pembelajaran seperti komputer dan video interaktif, bentuk-bentuk interaksi yang telah dikemukakan tadi tidak dapat dipisahkan satu sama lain, program komputer berbentuk permainan (games) pasti memuat soal-soal atau permasalahan yang harus dipecahkan (drill and practice) oleh mahasiswa. Demikian pula halnya dengan program interaktif berbentuk tutorial yang memuat latihan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap materi.

DRILL

Seorang siswa perlu memiliki ketangkasan atau ketrampilan dalam sesuatu, misalnya dalam lari cepat, atletik, berenang; atau berkebun. Sebab itu di dalam proses mengajar belajar, perlu diadakan latihan untuk menguasai ketrampilan tersebut. Maka salah satu teknik penyajian pelajaran untuk memenuhi tuntutan tersebut ialah teknik latihan atau drill. Ialah suatu teknik yang dapat diartikan sebagai suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Latihan yang praktis, mudah dilakukan, serta teratur melaksanakannya membina anak dalam meningkatkan penguasaan ketrampilan itu; bahkan mungkin siswa dapat memiliki ketangkasan itu dengan sempurna. Hal ini menunjang siswa berprestasi dalam bidang tertentu, misalnya juara lari, juara sepak bola; juara bersepeda dan sebagainya. Teknik ini memang banyak digunakan untuk pelajaran olah raga. Dalam hal ini banyak cabang olah raga yang memerlukan latihan khusus dan teratur, serta pengawasan dari trainer yang baik.
Kemampuan untuk mencapai keberhasilan belajar secara akurat dan tuntas adalah dengan berlatih dan melakukan praktek, yang diterapkan pada berbagai subjek mata pelajaran. Berlatih juga bisa dikatakan bagian dari praktek sebagai prosedur pembelajaran, corntohnya:
Drill (berlatih) : mengeja kata, menghapal, dsb.
Practice (praktek) : menulis, melaksanakan gerak dalam olahraga, dll.
Sehingga sering pula dikatakan bahwa berlatih dan, praktek itu dikategorikan menjadi satu strategi karena di kelas dipakai bersamaan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Drill adalah latihan dengan praktek yang dilakukan berulang kali atau kontinyu/untuk mendapatkan keterampilan dan ketangkasan praktis tentang pengetahuan yang dipelajari. Lebih dari itu diharapkan agar pengetahuan atau keterampilan yang telah dipelajari itu menjadi permanen, mantap dan dapat dipergunakan setiap saat oleh yang bersangkutan.

INSTRUCTIONAL GAME



Permainan Interaksi berbentuk permainan ( games ) akan bersifat instruksional apabila pengetahuan dan keterampilan yang terdapat di dalamnya bersifat akademik dan mengandung unsur pelatihan ( training ). Sebuah bentuk permainan disebut instruksional apabila di dalamnya terdapat tujuan pembelajaran ( instructionalobjective ) yang harus dicapai.
Saat ini banyak beredar permainan komputer ( computer games ) yang hanya menekankan pada unsur rekreasi semata. walaupun demikian permainan computer tersebut paling tidak mengandung unsur positif yaitu membantu pemakainya mengetahui cara kerja komputer yang kemudian dapat memancing timbulnya minat untuk memahami komputer ( computer literacy ). Contoh permainan yang bersifat instruksional yaitu permainan dalam membuat keputusan ( decision making game ) pada bidang studi manajemen. Dalam permainan ini orang yang paling banyak membuat keputusan yang dapat menguntungkan perusahaan adalah pemenangnya. Sama halnya dengan program interaktif lain, permainan harus mengandung tingkat kesulitan tertentu dan memberikan umpan balik terhadap tanggapan yang dikemukakan oleh mahasiswa. Dalam program pembelajaran berbentuk permainan, umpan balik diberikan dalam bentuk skor atau nilai standar yang dicapai setelah melakukan serangkaian permainan. Dalam program berbentuk permainan harus ada aturan ( rule ) yang dapat dipakai sebagai acuan untuk menentukan orang yang keluar sebagai pemenang. Penentuan pemenang dalam permainan ditentukan berdasarkan skor yang dicapai kemudian dibandingkan dengan prestasi belajar standar yang harus dicapai.

1.
detail - .:: Silabus UPI ::.
TIU, : Mahasiswa memahami hakekat IPA dan Matematika, prinsip-prinsip dasar pendidikan MIPA, IPA sebagai wahan pendidikan Umum dan implikasinya dalam ...

2. [DOC]
Universitas Pendidikan Indonesia
Jenis Berkas: Microsoft Word - Versi HTML
Tjuan pendidikan MIPA: Pendidikan IPA sebagai wahana pendidikan umum untuk semua siswa guna membentuk masyarakat yang melek saians. Dasar-dasar pendidikan ...

3.
Ahmad Syah Bio: aadesanjaya.blogspot.com/.../dasar-dasar ...
20 Mar 2010 ... aadesanjaya.blogspot.com/.../dasar-dasar-pendidikan-mipa · DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN MIPA. BAB I. PENDAHULUAN. A. A Latar Belakang ...

4.
Free Download Books Dasar Dasar Pendidikan Mipa Ikip Malang PDF ...
Free Download Books Dasar Dasar Pendidikan Mipa Ikip Malang PDF ♥♥ +100 Million Free Download Books Dasar Dasar Pendidikan Mipa Ikip Malang PDF with ...

5.
Free Download Books Permasalahan Dasar Dasar Pendidikan Mipa ...
Free Download Books Permasalahan Dasar Dasar Pendidikan Mipa Microsoft Word Doc ♥♥ +100 Million Free Download Books Permasalahan Dasar Dasar Pendidikan ...

6.
dasar dasar pendidikan mipa dan sains - PDFQueen - PDF Search ...
yang Memiliki Bidang Pendidikan MIPA di Indonesia. Sebagai usaha tindak lanjut pengembangan ilmu dasar (Matematika dan Sains) yang dilakukan oleh Direktorat ...

7.
dasar dasar pendidikan mipa biologi ppt Ebook Download
Penelitian Dasar. Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (Hibah ... seni, psikologi, pendidikan, hukum, ekonomi, sosial, MIPA, pertanian (dalam arti . ...

8. [PDF]
PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS HASANUDDIN
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
6 Agu 2007 ... pendidikan Math. Tahun 2007. 1 kali( 18-19 Juli 2007) ... Mampu menerapkan dasar matematika pada ilmu dasar ke-MIPA-an ...

9.
Pengertian dasar dasar pendidikan mipa pdf file. Free pdf search
Pdf & Doc ebook search results pengertian dasar dasar pendidikan mipa Sponsor pengertian dasar dasar pendidikan mipa download [New Version] pengertian dasar ...
10.
Ade Sanjaya: Dasar-Dasar Pendidikan MIPA
27 Feb 2010 ... Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. BAB I. PENDAHULUAN. A. Latar Belakang. Ilmu Pengetahuan Alam, biasa disingkat IPA, adalah sebuah mata pelajaan ...
-
11.
Klinik Pendidikan MIPA - Beranda
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) merupakan lembaga pendidikan non formal yang memfokuskan diri pada pembinaan siswa-siswi berbakat dalam bidang matematika. ...

12.
Klinik Pendidikan MIPA - Profile Founder
Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si. mendirikan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) pada tanggal 16 April 2001 di Bogor. Selain kesibukannya mengelola KPM, ...

13.
Seminar dan Workshop Pendidikan MIPA
19 Feb 2010 ... Penerapan Metode dan Model Pembelajaran MIPA Yang Tepat di PPMI Assalaam, itulah tema dalam acara Seminar dan Workshop Pendidikan MIPA yang ...

14. [PDF]
Undangan Program Revitalisasi Pendidikan MIPA 2010 - DEPARTEMEN ...
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
memiliki bidang pendidikan MIPA dapat mengusulkan proposal yang ... memiliki program pendidikan MIPA mengajukan proposal pendanaan pengembangan ...
15.
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
Jurnal pendidikan MIPA diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung. Penerbitan dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan bulan ...

16.
Metode pendidikan mipa pdf file. Free pdf search
Pdf & Doc ebook search results metode pendidikan mipa n/a KB id:5305452 - PROGRAM PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA Mahasiswa dapat menjelaskan ...

17.
Pendidikan Fisika - Pendidikan MIPA UNJA Official Website
UNJ 202, Pendidikan Kewarganegaraan, 2. FIS 231, Dasar Pendidikan MIPA, 3. FIS 201, Kalkulus II, 3. FIS 202, Fisika Dasar II, 4. FIS 203, Kimia Dasar II, 4 ...

18.
tujuan pendidikan mipa pdf files - PDFound.com
Also Try: tujuan pendidikan mipa,melek mipa,dan melek teknologi makalah pendidikan mipa dalam kegiatan pembelajaran peran pendidikan lembaga sekolah ...

19. [PDF]
Jurusan Pendidikan MIPA Gelar Seminar Internasional
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
Jurusan Pendidikan MIPA Gelar Seminar Internasional. Ditulis oleh Elly Afriani. Rabu, 29 Oktober 2008 12:49 - Terakhir Diperbaharui Rabu, 29 Oktober 2008 ...
20.
Seminar Pendidikan MIPA | Bataviase.co.id
Seminar Pendidikan MIPA. 30 Jan 2010. Pendidikan · Pikiran Rakyat. FAKULTAS Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia



Artikel Terkait:

blog comments powered by Disqus

Mau Berlangganan Artikel Gratis dari Data File Com?

Tulis Email Anda disini:

Setelah Menekan Berlangganan, Kami Membutuhkan Verifikasi dari Email Anda, Agar Kami Bisa Mengirimkan Postingan Terbaru kami ke Email Anda, Jadi silahkan Cek Inbox Email anda setelah mendaftar, dan Klik Link Verifikasi

By Admin

 
..:A:..
Akhi Abdul
Agha'ku
Pak Haris Setiadji
anggasona-anotherbestblog
..:B:..
Blog_Vaganza
Blog Junaidi
...
..:C:..
...
..:D:..
...
..:E:..
E-One S
...
..:F:..
...
..:G:..
...
..:H:..
...
..:I:..
Imanq
Insurance Finance
...
..:J:..
...
..:K:..
KELPOLOVA
KETEP PASS
...
..:L:..
...
..:M:..
...
..:N:..
Nanie Granger
n66ee
...
..:O:..
...
..:P:..
...
..:Q:..
...
..:R:..
...
..:S:..
STAIN Metro
...
..:T:..
...
..:U:..
Urang Lembur
...
..:V:..
...
..:W:..
Wong Ganteng
...
..:X:..
...
..:Y:..
...
..:Z:..
...
Salam Hangat dariku
::| DFC |::
::|Admin|::

Page Rank
 
Back To Top