BAB I
PENDAHULUAN
1.1LATAR BELAKANGDalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari berbagai variabel pokok yang saling berkaitan yaitu kurikulum, guru/pendidik, pembelajaran, peserta. Dimana semua komponen ini bertujuan untuk kepentingan peserta. Berdasarkan hal tersebut pendidik dituntut harus mampu menggunakan berbagai model pembelajaran agar peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar. Hal ini dilatar belakangi bahwa peserta didik bukan hanya sebagai objek tetapi juga merupakan subjek dalam pembelajaran. Peserta didik harus disiapkan sejak awal untuk mampu bersosialisasi dengan lingkungannya sehingga berbagai jenis model pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik.
Model-model pembelajaran sosial merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di kelas dengan melibatkan peserta didik secara penuh (student center) sehingga peserta didik memperoleh pengalaman dalam menuju kedewasaan, peserta dapat melatih kemandirian, peserta didik dapat belajar dari lingkungan kehidupannya.
1.2 TUJUAN
Makalah ini dirancang untuk mahasiswa Program S1 PGSD. Oleh sebab itu dalam penyajiannya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang berbagai konsep model pembelajaran dan penerapan model pembelajaran di kelas.
1.3TOPIK BAHASAN
Untuk meningkatkan pemahaman berbagai model pembelajaran, dalam makalah ini akan dibahas tentang :
a.Model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan.
b.Model pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan.
c.Model pembelajaran mandiri dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan
Untuk data lebih lengkap silahkan download disini ::| Makalah tentang Model-Model Pembelajaran |::
Model-model pembelajaran sosial merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di kelas dengan melibatkan peserta didik secara penuh (student center) sehingga peserta didik memperoleh pengalaman dalam menuju kedewasaan, peserta dapat melatih kemandirian, peserta didik dapat belajar dari lingkungan kehidupannya.
1.2 TUJUAN
Makalah ini dirancang untuk mahasiswa Program S1 PGSD. Oleh sebab itu dalam penyajiannya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang berbagai konsep model pembelajaran dan penerapan model pembelajaran di kelas.
1.3TOPIK BAHASAN
Untuk meningkatkan pemahaman berbagai model pembelajaran, dalam makalah ini akan dibahas tentang :
a.Model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan.
b.Model pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan.
c.Model pembelajaran mandiri dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan
Untuk data lebih lengkap silahkan download disini ::| Makalah tentang Model-Model Pembelajaran |::
Makalah
- Pendidikan Informal Tahapan Pendidikan Yang Menjadi Gerbang Dan Benteng Bagi Kehidupan Seorang Anak (Bag. Pendahuluan)
- Makalah BK (Bimbingan Konseling)
- Pengertian dan Fungsi Manajemen (Makalah)
- Kode Etik Bimbingan Dan Konseling
- Orientasi Layanan bimbingan dan Konseling
- Asas-Asas Bimbingan dan Konseling
- Prinsip-prinsip Operasional Bimbingan dan Konseling Sekolah
- Landasan Bimbingan dan Konseling
- Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembelajaran Siswa
- Tujuan Bimbingan Di Sekolah
- Peranan bimbingan dan konseling dalam pendidikan di sekolah.
- Pengertian Bimbingan dan Konseling
- KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) Makalah Matematika
- Teknik Teknik Bimbingan Konseling (BK) (Makalah)
- Kepemimpinan Wanita (Makalah)
- Makalah (Penyelesaian Polemik Qunut Subuh)
- Psikologi Perkembangan (Periodesasi Perkembangan)
- Aplikasi Teknologi Informasi Terhadap Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
- Makalah tentang Pengaturan Nafas
- TUTORIAL PEMBUATAN MAKALAH
- Makalah Psikologi Kepribadian
- Makalah tentang Sistema Peredaran Jantung
- Makalah Sifat Kimia Tanah
- Makalah Perkembangbiakan Generatif
- Peran Guru dalam Mengendalikan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar